Pokemon Go

Update Pokemon Legendaris, Fitur Trading, dan Battle PvP Pokemon Go Sudah Semakin Dekat3 min read

Fitur-fitur seperti trading, breeding, battle PvP (player versus player), dan penambahan Pokemon baru di Pokemon Go memang sudah lama dispekulasikan oleh trainer-trainer Pokemon Go. Pihak developer dari Niantic juga sudah menyuarakan keinginan mereka untuk menambah fitur-fitur tersebut dalam update Pokemon Go di masa depan. Jika sebelumnya fitur-fitur tersebut baru sekedar spekulasi dan rencana, kali ini Borntonerd dapat melaporkan bahwa sudah ada bukti tentang akan hadirnya fitur trading dan battle PvP dalam update Pokemon Go di waktu dekat ini.

Beberapa user di Reddit mengoprek kode-kode dibalik aplikasi Pokemon Go dan mereka ternyata menemukan beberapa baris kode yang mengindikasikan adanya fitur-fitur baru yang sedang disiapkan Niantic dalam update Pokemon Go berikutnya. Berikut beberapa fitur tersebut:

Trading

Ini adalah salah satu fitur yang paling dinantikan oleh para trainer Pokemon Go. Dengan fitur in nantinya trainer Pokemon Go akan dapat bertukar Pokemon milik mereka dengan Pokemon milik trainer lain. Dalam kode aplikasi Pokemon Go terakhir, ditemukan baris kode seperti Trade_search_offer, Trade_search_response, dan Trade_search_result. Tentunya dengan ada baris-baris kode tersebut sudah jelas bahwa fitur trading sedang disiapkan oleh pihak Niantic, walaupun sampai sekarang belum jelas bagaimana mekanisme dari fitur trading tersebut.

Battle PvP

Battle player-versus-player alias battle satu lawan satu juga banyak ditunggu trainer Pokemon Go. Sampai saat ini battle antar Pokemon hanya bisa dilakukan di Gym ketika trainer mencoba mengambilalih Gym milik tim lain atau ketika trainer hendak berlatih dalam Gym yang dimiliki oleh tim yang sama. Ditemukannya baris kode sfida dalam kode aplikasi Pokemon Go mengindikasikan adanya fitur battle satu lawan satu yang akan segera ditambahkan dalam game Pokemon Go. Kata sfida sendiri adalah sebuah kata dalam Bahasa Italia yang berarti “tantangan” dalam Bahasa Indonesia.

Pokemon Legendaris

Sampai saat ini, Pokemon legendaris seperti Articuno, Zapdos, Moltres, Mew, dan Mewtwo sampai sekarang memang belum bisa ditangkap karena mereka memang belum dimunculkan oleh pihak Niantic. Pihak Niantic sendiri sempat mengatakan bahwa Pokemon legendaris ini baru akan muncul ketika Pokemon Go sudah bisa dimainkan di setiap negara. Tapi, ditemukannya baris kode Activity_catch_legend_pokemon bisa jadi menandakan bahwa Pokemon legendaris ini akan segera muncul.

Item baru

Ditemukannya baris kode seperti Item_incense_spicy, Item_incense_floral, dan Item_incense_cool merupakan petunjuk kuat akan adanya item-item baru yang akan hadir dalam Pokemon Go. Jika saat ini kita hanya memiliki satu jenis incense, dengan adanya barisan kode diatas bisa jadi dalam waktu dekat kita bisa memiliki incense dalam tiga jenis varian yang berbeda.

Fort

Dalam kode aplikasi Pokemon Go yang dioprek, juga ditemukan baris kode Add_fort_modifier. Belum jelas apa yang dimaksud dengan fort ini, fort sendiri adalah kata Bahasa Inggris yang dalam Bahasa Indonesia berarti benteng. Ada kemungkinan ini adalah sebuah lokasi baru yang berbeda dari Pokestop atau Gym, tapi besar kemungkinan fort disini hanya merupakan nomenklatur sementara yang digunakan Niantic yang merujuk pada sebuah Gym.

Ditemukannya baris-baris kode di atas dalam kode aplikasi Pokemon Go tentunya merupakan suatu bukti bahwa update fitur-fitur terbaru diatas sudah semakin dekat. Tapi tentunya kita tidak boleh terlalu berharap karena pada akhirnya keputusan ada di tangan Niantic. Bisa jadi mereka akan segera rilis fitur tersebut dalam update versi 40 Pokemon Go, tapi bisa jadi juga mereka akan menunda penambahan fitur-fitur tersebut hingga dirilisnya Pokemon Go versi 0.50 atau bahkan hingga 1.00. Who knows?

Diluar fitur-fitur di atas, beberapa fitur lain seperti breeding atau penambahan Pokemon terbaru belum ada buktinya hingga sekarang. Sementara itu, fitur tracking yang sementara ini dinonaktifkan oleh Niantic dikabarkan akan dicoba diperbaiki dan diaktifkan kembali. Saat ini, sistem tracking tersebut sedang diujicoba di Bay Area San Francisco.

via Reddit dan Android Authority

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of