Tambah Teman dengan People Nearby, Fitur Terbaru dari Line3 min read

Sejak rilis update versi 6.5, Line (Android, iOS) memperkenalkan sebuah fitur baru yang dinamakan People Nearby. Fitur ini memungkinkan pengguna Line untuk mencari teman baru dengan cara menampilkan daftar pengguna lain yang lokasinya berdekatan. Sementara fitur ini baru bisa digunakan di aplikasi Line yang berada di smartphone dan belum bisa digunakan pada Line untuk PC.

Untuk menggunakan fitur People Nearby ini, pengguna cukup membuka aplikasi Line dan kemudian masuk ke tab paling kanan (ikon tiga titik). Kemudian setelah masuk ke tab palng kanan, pengguna tinggal memilih ikon People Nearby yang terletak di pojok kanan bawah dan klik OK untuk menyetujui perjanjian pengguna.

UPDATE: Mulai 12 Oktober, fitur People Nearby di aplikasi Line dipindahkan ke posisi lebih bawah dari posisi semula (lihat gambar). Jadi kalau pembaca kebingungan mencari fitur ini, cukup scroll lebih ke bawah dari biasanya.

Cara mengakses fitur People Nearby pada aplikasi Line. Perhatikan panah merah.

Sekarang anda telah masuk ke dalam fitur People Nearby. Dalam layar anda bisa melihat daftar pengguna lain yang lokasinya berdekatan dengan anda disertai dengan jarak pengguna tersebut dari posisi anda. Untuk me-refresh daftar pengguna tersebut, anda bisa menarik dan menahan layar ke bawah. Jika anda mengklik salah satu foto profil pengguna yang ada di layar, anda bisa melihat pesan status dari pengguna tersebut dan anda juga bisa mengirimkan permintaan pertemanan kepada pengguna tersebut. Setelah pengguna tersebut menerima permintaan pertemanan anda, anda bisa memulai percakapan dengannya.

Tampilan fitur People Nearby
Tampilan dari fitur People Nearby.

Jika anda sudah selesai menggunakan fitur People Nearby dan tidak ingin lagi orang lain menemukan anda berdasarkan posisi, anda dapat mematikan fitur People Nearby dengan cara menekan ikon roda gigi yang berada di pojok kanan atas dan pilih OK. Jangan takut, anda tetap dapat menggunakan kembali fitur People Nearby ini sewaktu-waktu anda menginginkannya. Namun jika anda selesai menggunakan fitur People Nearby untuk sekarang tetapi tetap ingin agar orang lain tetap dapat menemukan anda berdasarakan lokasi, anda hanya perlu menekan tombol back di smartphone anda.

Cara mematikan fitur People Nearby
Cara mematikan fitur People Nearby. Perhatikan panah dan kotak merah.
Dimanfaatkan untuk berkenalan dan mencari pasangan

Pengamatan Borntonerd menunjukkan bahwa fitur ini banyak dimanfaatkan penggunanya, terutama kalangan muda, untuk berkenalan dengan lawan jenis dalam rangka mencari pasangan. Sehingga bisa dikatakan bahwa fitur People Nearby ini menjadi layaknya Tinder via profil Line.

Masalah privasi dan keamanan

Walaupun fitur terbaru dari Line ini banyak bermanfaat bagi penggunanya, tetapi dibalik itu juga timbul beberapa masalah di segi privasi dan kemanan pengguna. Salah satunya adalah ketika pengguna lupa mematikan fitur People Nearby ini ketika sedang tidak digunakan sehingga profil, lokasi, dan pesan statusnya dapat dilhat oleh orang lain tanpa sepengetahuannya.

Masalah lainnya muncul ketika ada pengguna yang menuliskan informasi pribadi, seperti nomor handphone atau Line ID, pada pesan statusnya. Hal ini berbahaya karena orang lain yang tidak kita kenal dapat memanfaatkan informasi tersebut.

Untuk menjaga privasi dan keamanan anda, Borntonerd menyarankan agar pengguna menghapus informasi yang bersifat sensitif dari pesan status sebelum menggunakan fitur People Nearby dan untuk tidak lupa mematikan fitur ini ketika pengguna sudah selesai memanfaatkannya.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.