Foto hasil proses dari aplikasi Prisma

Prisma Untuk iOS Sudah Bisa Digunakan Secara Offline1 min read

Aplikasi filter foto Prisma (Android, iOS) baru saja mengeluarkan salah satu update terbesarnya. Pada update terbarunya, Prisma memungkinkan penggunanya untuk melakukan pemrosesan foto secara offline untuk pertama kalinya. Sayangnya pemrosesan foto secara offline ini baru bisa dilakukan pada aplikasi Prisma di platform iOS dan belum seluruh filter bisa digunakan secara offline.

Sebelumnya pemrosesan foto pada aplikasi Prisma memang harus dilakukan secara online karena pemrosesan foto ini dilakuan secara cloud-based processing dengan menggunakan teknologi neural networks dan artficial intelligence. Pemrosesan foto secara online tersebut juga dikritik karena terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama dan bahkan bisa gagal ditengah-tengah ketika server Prisma sedang mengalami overcapacity. Dengan update terbaru ini, pihak Prisma Labs menjanjikan waktu pemrosesan foto akan dipersingkat hingga hanya akan memakan waktu sekitar 5 detik.

Seperti dikutip dari The Verge, pihak Prisma Labs mengatakan bahwa penggunaan baterai smartphone untuk pemrosesan secara offline ini tidak akan banyak berbeda dengan saat pemrosesan foto secara online.

Update serupa untuk perangkat Android diperkirakan akan segera dirilis dalam waktu dekat ini. Bahkan bisa jadi pada awal minggu depan, perangkat Android juga sudah dapat menikmati update yang sama.

Setelah semua pemrosesan foto pada aplikasi Prisma dapat dilakukan secara offline, server-server milik Prisma yang “menganggur” tersebut nantinya akan digunakan untuk pemrosesan video yang membutuhkan resource yang lebih banyak.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of