Pokemon Go

Pokemon Go Update 3.7: Fitur Buddy Pokemon dan Blokir Smartphone yang Di-Root dan Jailbreak (Disertai Tabel Jarak Buddy Pokemon)2 min read

Sebagai salah satu cara untuk mencegah terus menurunnya jumlah pemain, Pokemon Go semakin gencar mempercepat dirilisnya fitur-fitur baru dalam update mereka. Kali ini, Pokemon Go kembali mengeluarkan update terbaru mereka yaitu versi 3.7 atau 0.37. Sayangnya update terbaru ini membawa kabar baik sekaligus kabar buruk. Pertama Borntonerd akan membahas kabar baiknya terlebih dahulu.

Fitur Buddy Pokemon

Kabar baiknya adalah update versi 3.7 ini membawa salah satu fitur terbaru yaitu sistem Buddy Pokemon. Sistem Buddy Pokemon ini memungkinkan trainer untuk memilih salah satu pokemon miliknya untuk dijadikan buddy dan dapat diajak jalan bersama. Pokemon yang dijadikan buddy ini akan menghasilkan candy dan juga XP setelah anda dan buddy anda berjalan menempuh jarak tertentu. Candy yang dihasilkan buddy anda disesuaikan dengan jenis Pokemon yang dijadikan buddy, jika anda menjadikan Psyduck atau Golduck menjadi buddy anda maka dia akan menghasilkan candy Psyduck. Sementara itu XP yang dihasilkan nampaknya dipukul rata yaitu 500 XP tiap candy yang dihasilkan oleh buddy anda.

Pokemon Go Buddy Pokemon

Terakhir, jarak yang harus ditempuh oleh tiap buddy untuk menghasilkan sebuah candy berbeda-beda tergantung jenis Pokemon yang dijadikan buddy. Sebagai contoh, Lapras dan Dratini membutuhkan jarak 5 km untuk menghasilkan candy, sementara Magikarp cukup membutuhkan 1 km. Niantic juga kembali melakukan revisi terhadap jarak yang dibutuhkan masing-masing Pokemon untuk menghasilkan candy, jadi tabel-tabel yang selama ini beredar di internet bisa dipastikan tidak lagi akurat. Borntonerd akan memberikan update kembali mengenai tabel jarak ini setelah beredar tabel yang akurat.

UPDATE: Tabel jarak setiap Buddy Pokemon untuk menghasilkan candy

tabel jarak buddy pokemon go versi 3.7

Selain penambahan sistem buddy Pokemon, update versi 3.7 kali ini juga memperbaiki beberapa bug yang hadir di versi Pokemon Go sebelumnya. Update versi 3.7 ini juga menambahkan dukungan untuk memainkan Pokemon Go menggunakan Pokemon Go Plus yang rencananya akan dirilis di sejumlah negara pada 16 September mendatang.

Blokir Pemain yang Menggunakan Smartphone yang Di-Root dan Jailbreak

Itulah kabar buruknya, anda yang menggunakan smartphone yang di-root atau smartphone jailbreak tidak akan bisa lagi memainkan Pokemon Go ketika anda update ke versi 3.7. Niantic melakukan pemblokiran ini diduga untuk mencegah cheaters Pokemon Go, terutama mereka yang menggunakan emulator untuk memainkan Pokemon Go.

Tapi tindakan ini bisa jadi menjadi bumerang bagi pihak Niantic, karena yang terdampak dengan adanya blokir ini bukan hanya pemain curang tapi juga pemain jujur yang menggunakan smartphone yang di-root untuk keperluan lain. Borntonerd mengamati sudah banyak pemain yang melakukan komplain terhadap adanya blokir ini.

Cara Memainkan Pokemon Go dengan Smartphone yang Di-Root

Tapi tenang, Borntonerd punya solusi bagi anda yang ingin tetap memainkan Pokemon Go pada smartphone yang di-root. Caranya ialah dengan melakukan unroot sementara smartphone anda dan kemudian melakukan root ulang menggunakan Magisk. Dijamin setelah melakukan root ulang dengan Magisk, anda bisa kembali memainkan Pokemon Go terbaru versi 3.7.

BACA JUGA: 

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of