Pokemon Go

Pokemon Go Update 0.45.0 dan 1.15.0: Bonus Harian, Solusi Gym-Sniping, Solusi Stagnasi Gym3 min read

Setelah diumumkan beberapa hari yang lalu, Niantic akhirnya merilis fitur bonus harian dalam update terakhirnya untuk Pokemon Go. Update terakhir yang dimaksud adalah update versi 0.45.0 untuk platform Android dan versi 1.15.0 untuk iOS. Layaknya update-update sebelumnya, update kali ini pun dirilis secara bergelombang alias tidak semua pemain menerima update secara bersamaan. Jika anda belum kebagian update versi 0.45.0 ini di Play Store, anda bisa langsung mengunduh file apk-nya dari APKMirror.

Selain fitur bonus harian, ada beberapa perubahan fitur lainnya yang juga disematkan dalam update Pokemon Go versi 0.45.0 ini. Perubahan-perubahan tersebut berkaitan dengan gym-sniping dan stagnasi gym yang belakangan ini banyak dikeluhkan oleh trainer-trainer Pokemon Go. Untuk lebih detailnya, Borntonerd akan membahas satu-per-satu mengenai update versi 0.45.0 tersebut.

Bonus Harian

Fitur bonus harian ini sudah Borntonerd bahas sebelumnya ketika Niantic baru saja mengumumkan mengenai akan hadirnya fitur ini beberapa hari yang lalu. Singkatnya, dengan bonus harian ini, trainer Pokemon Go akan mendapatkan bonus jika mereka menjalankan misi tertentu setiap harinya, diantaranya adalah menangkap Pokemon atau mengunjungi sebuah PokeStop minimal sehari sekali. Trainer akan mendapatkan bonus lebih besar jika menjalankan misi tersebut setiap hari selama maksimal tujuh hari berturut-turut. Lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Menangkap minimal satu Pokemon setiap hari akan mendapatkan bonus 500 XP dan 600 Stardust.
  • Menangkap minimal satu Pokemon setiap hari selama tujuh hari berturut-turut akan mendapatkan bonus 2000 XP dan 2400 Stardust.
  • Mengunjungi sebuah Pokestop dan memutar PhotoDisc setiap hari akan mendapatkan bonus 500 XP dan beberapa item tambahan.
  • Mengunjungi sebuah Pokestop dan memutar PhotoDisc setiap hari selama tujuh hari berutut-turut akan mendapatkan bonus 2000 XP dan lebih banyak item tambahan.
  • Jika anda menangkap Pokemon pada jam berapapun pada hari Selasa waktu setempat, anda bisa menjalankan bonus harian untuk hari Rabu pada jam 00.00 waktu setempat.
Solusi Gym-Sniping

Bagi anda yang belum familiar, gym-sniping adalah istilah yang digunakan ketika seorang trainer A menunggu trainer B dari tm yang sama ketika trainer B sedang melakukan battle dalam gym yang dikuasai oleh tim lain. Segera setelah trainer B berhasil mengalahkan seluruh Pokemon dalam gym tersebut, trainer A kemudian menempatkan Pokemon miliknya dalam gym yang sekarang dalam kondisi kosong/netral. Gym-sniping ini banyak dikeluhkan oleh trainer karena dianggap sebagai perbuatan yang tidak etis dan cenderung curang.

Tapi dengan adanya update Pokemon Go versi 0.45.0 ini, gym-sniping dipastikan tidak akan terjadi lagi. Karena setelah update ini, hanya trainer yang mengalahkan Pokemon terakhir dalam gym milik lawan lah yang bisa mengisi gym kosong/netral tersebut. Tentunya privilege tersebut memiliki batasan waktu untuk mencegah gym kosong dalam waktu yang terlalu lama.

Solusi Stagnasi Gym

Stagnasi gym atau gym-stagnation adalah istilah yang digunakan trainer Pokemon Go untuk sebuah gym (biasanya gym level 10) yang tidak berganti kepemilikan/berganti tim dalam waktu yang lama. Hal ini juga dikeluhkan oleh beberapa trainer Pokemon Go karena stagnasi gym ini terlalu menguntungkan bagi trainer-trainer dengan level yang tinggi dan menyulitkan bagi trainer dengan level yang lebih rendah.

Dalam update Pokemon Go versi 0.45.0 ini, disertakan juga solusi untuk stagnasi gym ini. Sekarang, trainer akan lebih mudah untuk mengalahkan gym milik lawan karena jumlah prestige yang berkurang ketika suatu Pokemon dikalahkan dalam suatu gym akan menjadi lebih besar dan di sisi lain jumlah prestige yang bertambah ketika seorang trainer sukses melakukan training di gym milik tim yang sama akan menjadi lebih kecil. Dampaknya, suatu gym akan lebih mudah berganti kepemilikan dan gym juga akan lebih sulit ditingkatkan levelnya. Dengan demikian diharapkan stagnasi gym ini tidak akan terjadi lagi.

Lainnya

Terdapat juga perubahan lainnya yang tidak disertakan dalam changelog oleh Niantic tapi dilaporkan oleh trainer yang memainkan Pokemon Go. Diantaranya adalah trainer sekarang tidak bisa lagi memutar sebuah PokeStop (untuk mendapatkan item) ketika kecepatan mereka melebihi batas kecepatan yang ditentukan oleh Niantic. Batas kecepatan ini diperkirakan adalah sekitar 10 mil per jam atau 16 kilometer per jam.

BACA JUGA: Kode untuk Ditto dan Pokemon Generasi 2 Ditemukan dalam APK Update Pokemon Go 0.45.0

Gambar: Niantic

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

1 Comment on "Pokemon Go Update 0.45.0 dan 1.15.0: Bonus Harian, Solusi Gym-Sniping, Solusi Stagnasi Gym3 min read"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] file APK update Pokemon Go versi 0.45.0 yang dirilis kemarin (8/11), ditemukan beberapa baris kode yang merujuk mengenai akan hadirnya […]