Pokemon Go

Pokemon Go: Event Thanksgiving (23 November – 30 November) dan Perubahan CP Beberapa Jenis Pokemon2 min read

Dalam 24 jam terakhir, Niantic mengeluarkan dua pengumuman besar mengenai game Pokemon Go. Pengumuman pertama adalah tentang event Thanksgiving dan pengumuman kedua mengenai perubahan CP pada Pokemon yang ada di dalam game. Borntonerd akan membahas dua pengumuman tersebut dalam artikel ini.

Event Thanksgiving (23 November – 30 November)

Pengumuman pertama adalah mengenai event Thanksgiving. Setelah sukses dengan event Halloween bulan lalu yang berhasil meningkatkan jumlah pemain harian Pokemon Go dan meningkatkan pembelian item dalam game, Niantic kali ini mengadakan event Thanksgiving yang bertepatan dengan perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat. Tepatnya, event Thanksgiving ini akan berlangsung mulai 23 November pukul 00.00 UTC dan berakhir pada 30 November pukul 00.00 UTC. Jika dikonversikan ke zona Waktu Indonesia Barat (WIB), berarti event ini dimulai pada 23 November pukul 07.00 WIB dan berakhir pada 30 November pukul 07.00 WIB.

Dalam periode waktu tersebut, trainer Pokemon Go akan menerima double XP dan double stardust setiap melakukan kegiatan dalam game (menangkap Pokemon, evolusi, menetaskan telur, dll.). Dengan adanya double XP dan double stardust tersebut diperkirakan akan banyak trainer yang memanfaatkan event tersebut untuk melakukan evolusi sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan level. Diprediksi dalam event Thanksgiving ini, penggunaan (dan pembelian) lucky egg juga akan meningkat karena dengan digunakannya lucky egg maka double XP yang diterima dari event Thanksgiving akan kembali dikalikan dua sehingga trainer akan mendapatkan 4x XP normal.

Penyesuaian CP untuk Berbagai Jenis Pokemon

Pengumuman selanjutnya adalah mengenai penyesuaian CP untuk berbagai jenis Pokemon. Dalam pengumuman oleh Niantic tersebut dituliskan bahwa CP beberapa jenis Pokemon akan dinaikkan sementara CP untuk beberapa jenis Pokemon lainnya akan diturunkan. Penyesuaian CP ini dilakukan agar lebih tercipta keseimbangan kekuatan antara berbagai jenis Pokemon dalam battle atau training di gym. Niantic juga menyebutkan bahwa ke depannya Niantic bisa sewaktu-waktu mengadakan penyesuaian CP kembali jika dirasa diperlukan.

Borntonerd melakukan pengamatan dan menerima laporan dari komunitas trainer Pokemon Go dapat mengabarkan bahwa hampir semua jenis Pokemon mengalami penyesuaian CP. Pokemon yang mengalami peningkatan CP diantaranya adalah Alakazam, Rhydon, dan Gengar. Sementara Pokemon yang mengalami penurunan CP diantaranya adalah Venusaur, Victreebell, dan Blastoise. Selengkapnya mengenai daftar Pokemon yang mengalami peningkatan CP atau penurunan CP bisa dilihat di hasil riset komunitas The Silph Road pada link berikut.

Dengan adanya perubahan CP tersebut tentunya battle dan training di gym akan terasa berbeda karena ada beberapa Pokemon yang menjadi lebih kuat dan ada beberapa jenis Pokemon yang menjadi lebih lemah. Penyesuaian CP ini juga mengakibatkan alat penghitung IV (IV Calculator) yang sekarang beredar di internet untuk sementara akan menjadi tidak akurat sebelum mereka menyesuaikan perhitungan mereka dengan CP baru yang disesuaikan oleh Niantic.

Patut dicatat bahwa event Thanksgiving dan perubahan CP yang dilakukan Niantic ini dilakukan dalam sisi server (server-side update), sehingga walaupun trainer Pokemon Go tidak mengupdate game mereka di Play Store/App Store, event Thanksgiving dan perubahan CP tersebut akan tetap dirasakan.

BACA JUGA: Pokemon Go: Ditto Sudah Ditemukan!

Gambar: Niantic

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of