Samsung Electronics Headquarters

Wakil Presiden Sekaligus Pewaris Samsung Ditahan, Terkait Masalah Suap2 min read

Lee Jae-young alias Jay Y Lee, wakil presiden Samsung Electronics sekaligus pewaris Samsung Group ditahan oleh penyidik khusus Kejaksaan Korea Selatan karena diduga tersangkut kasus suap yang melibatkan Presiden non-aktif Korea Selatan, Park Geun-hye.

Samsung dituduh memberikan sumbangan bernilai sekitar 41 milyar Won (480 milyar Rupiah) kepada sejumlah yayasan yang dijalankan oleh teman dekat presiden, Choi Soon-sil. Sumbangan ini diduga diberikan sebagai suap agar pemerintah Korea Selatan melalui Dana Pensiun Nasional (DPN) memberikan restu dan bantuan saat Samsung C&T Corp hendak melakukan merjer dengan Cheil Industries. Dana Pensiun Nasional Korea Selatan merupakan salah satu pemegang saham besar dari dua anak perusahaan Samsung tersebut, sehingga Samsung membutuhkan izin dan dukungan dari DPN untuk melaksanakan merjer tersebut. Merjer itu sendiri dilakukan dalam rangka restrukturisasi perusahaan guna memuluskan proses pewarisan Samsung Group dari Presiden yang sekarang sedang sakit, Lee Kun-hee, kepada anaknya Lee Jae-young.

Perlu dicatat bahwa teman dekat presiden, Choi Soon-sil, dan kepala Dana Pensiun Nasional, Moon Hyung-pyo, juga telah ditahan sebelumnya terkait kasus yang sama. Choi Soon-sil sendiri juga terlibat dalam banyak kasus lain dan dituduh memiliki pengaruh kuat terhadap Presiden Park Geun-hye dan memanfaatkan pengaruhnya ini untuk turut campur dalam pemerintahan serta untuk meminta sumbangan kepada perusahaan-perusahaan besari di Korea Selatan. Karena Choi Soon-sil pula lah Presiden Park Geun-hye dimakzulkan oleh parlemen Korea akhir tahun lalu dan sekarang sedang non-aktif menunggu pemakzulannya diterima/ditolak oleh Mahkamah Konstitusi Korea Selatan.

Ditangkapnya pimpinan perusahaan mereka karena kasus korupsi tentunya akan berdampak terhadap Samsung. Setidaknya imej Samsung sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia akan tercoreng.

Jika Lee Jae-young terbukti bersalah dan diberikan hukuman penjara cukup lama, belum diketahui siapa nantinya yang akan menggantikan dirinya sebagai pimpinan de-facto dari Samsung Group. Pihak Samsung dan Lee Jae-young sudah menyatakan bahwa pihak mereka merasa tidak melakukan tindakan kriminal apapun dan berjanji akan membongkar faktanya di pengadilan.

BACA JUGA: Kantor Samsung Digeledah Terkait Kasus Korupsi

via BBC; Gambar: Yahoo

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of