iPhone 7

Perusahaan di Tiongkok Mengancam Memecat Pegawainya Jika Ketahuan Beli iPhone 71 min read

Sebuah perusahaan di Provinsi Henan, Tiongkok bernama Nanyang Yongkang Medicine Company mengeluarkan pengumuman kepada seluruh karyawannya untuk tidak membeli iPhone 7 atau iPhone 7 Plus. Dalam pengumuman tersebut juga ditulis bahwa jika ketahuan melanggar, maka pegawai yang bersangkutan diminta untuk segera menyerahkan surat pengunduran diri ke manajemen.

Alasan Nanyang Yongkang Medicine Company memboikot iPhone 7 adalah patriotisme. Perusahaan tersebut beranggapan membeli iPhone 7, yang merupakan produk asing, adalah tindakan non-patriotik. Pengumuman tersebut juga dikeluarkan pada tanggal berserjarah yaitu 18 September, bertepatan dengan peringatan 85 tahun sejak pasukan Jepang menginvasi Tiongkok pada 1931.

Pengumuman dari perusahaan tersebut sontak menjadi viral di Tiongkok, terutama di media sosial Weibo. Sebagian user mendukung sementara sebagian lainnya tidak setuju dengan boikot tersebut. Mereka yang tidak setuju mengatakan bahwa boikot iPhone 7 justru kontraproduktif terhadap ekonomi Tiongkok sendiri, karena banyak suku cadang iPhone 7 dan produk Apple lainnya yang dibuat di pabrik Foxconn yang ada di Tiongkok. Memboikot produk-produk Apple justru akan membuat ribuan orang kehilangan pekerjaan. Belum lagi banyaknya pembuat aksesoris iPhone di Tiongkok yang juga akan kehilangan penghasilan.

Selain Nanyang Yongkang Medicine Company, ternyata ada beberapa perusahaan/badan usaha lain di Tiongkok yang memiliki kebijakan serupa. Salah satunya adalah RS Ginekologi Fuling Xinjiuzhou. Rumah sakit tersebut juga mengeluarkan kebijakan serupa menyoal pembelian iPhone 7. Walaupun demikian, rumah sakit tersebut memiliki alasan berbeda dalam mengeluarkan kebijakan tersebut. Mereka menganggap membeli iPhone 7 dengan harga yang mahal, yang harganya berkali-kali lipat dari gaji seorang pegawai biasa, merupakan sebuah tindakan pemborosan. Mereka menginginkan pegawai mereka mengedepankan penghematan.

Walaupun sudah ada beberapa perusahaan di Tiongkok yang mengeluarkan ancaman pemecatan kepada pegawainya jika ketahuan membeli iPhone 7, sampai saat ini belum ada laporan pegawai yang benar-benar dipecat sebagai dampak dari kebijakan tersebut.

via BBC

 

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of