NVIDIA Menghadirkan Grafik Terbarunya Ke Laptop2 min read

Dengan hadirnya GTX 1080, 1070, dan 1060 versi desktop terlebih dahulu, NVIDIA menunjukkan kepada dunia bagaimana membuat mesin grafis terbaik tanpa harus membayar terlalu mahal. Sekarang, mereka membuat versi mobile-nya yang spesifikasinya hampir sama seluruhnya dengan versi desktopnya dan VR-ready. Wow!

Ya, versi teratas dari versi mobile yaitu GTX 1080M memiliki 2560 inti CUDA dan memori 8GB dari 10Gbps GDDR5x. Versi desktop memiliki spek yang sama dengan ini. Perbedaannya hanyalah di clock speed, yang mobile memiliki kecepatan 1556MHz sementara versi desktop memiliki kecepatan 1607MHz. Tetapi jika boost diaktifkan, maka keduanya memiliki kecepatan yang sama yaitu 1733MHz. Keduanya juga sudah mendukung berbagai teknologi baru karena dukungan arsitektur Pascal.

Menurut Engadget, spesifikasi ideal untuk chip grafis ini adalah intel i7-6700HQ, dengan setting di 1080p ultra, pada frekuensi monitor 120Hz, beginilah hasil nilai FPSnya di beberapa game:

  • Mirror’s Edge Catalyst, 126 FPS
  • Overwatch, 147 FPS
  • Doom, 145 FPS
  • Metro Last Light, 130 FPS
  • Rise of the Tomb Raider, 125 FPS

Terlihat bagaimana NVIDIA ingin memfokuskan pada 120Hz, dan laptop yang memakai chip ini nantinya memiliki monitor frekuensi 120Hz G-Sync. 4K gaming juga sangat bisa dilakukan dengan grafis ini. Dengan setting ‘high’, chip ini mampu menghasilkan 52-89 FPS di game-game yang disebutkan diatas tadi. 1080M juga mendukung overclocking dengan batas anjuran dari NVIDIA sebesar 300MHz.

Kekurangan dari grafis ini kemungkinan adalah besarnya asupan daya yang dibutuhkan. BornToNerd belum tahu berapa TDP dari kartu grafik ini, tetapi jika menilik versi desktopnya yang bekerja di 180W, maka kemungkinan versi mobilenya akan bekerja di daya sekitar 150W. NVIDIA mempunyai teknologi yang dapat mengurangi daya yang dipakai oleh kartu grafik ini yaitu BatteryBoost yang mengurangi framerate dan kecepatan clock ketika laptop bekerja memakai batere. Tetapi besarnya kartu grafik mobile ini kemungkinan membuat dia hanya hadir di laptop besar.

Sementara itu, terdapat versi yang lebih mobile-friendly yaitu 1070M. NVIDIA mengatakan bahwa 1070M memiliki dudukan yang persis dengan 980M, yang sudah terpasang di banyak laptop. Wah, kalo kamu yang memiliki laptop dengan kartu grafik 980M, kemungkinan besar tuh bisa di upgrade ke 1070M.

Banyak perusahaan pembikin laptop seperti Acer, Alienware, Asus, HP, dan lain-lain telah menandatangani kontrak untuk memproduksi laptop berbasis Pascal, beberapa sudah dalam tahap mulai produksi. Patut kita tunggu peluncurannya di Indonesia.

Aditya Setiabudi Author

Once upon a time, I was a student. Now, I am an author of this website. I write about arts, culture, music, and technology reviews.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of