Pokemon Go

Niantic Akan Memblokir Secara Permanen Cheaters Pokemon Go1 min read

Salah satu komplain yang banyak disampaikan pemain Pokemon Go belakangan ini adalah mengenai banyaknya pemain curang alias cheaters dalam Pokemon Go. Bahkan tidak sedikit pemain yang akhirnya berhenti bermain dan meng-uninstall Pokemon Go karena kesal akibat banyaknya pemain curang di dalam game. Bentuk kecurangan yang terjadi di dalam Pokemon Go ini diantaranya adalah pemain menggunakan GPS spoofing, emulator, bot, dan software lain yang menyalahi peraturan pemakaian (Terms of Service) dari Pokemon Go.

Menanggapi banyaknya komplain tersebut, Niantic, developer Pokemon Go, akhirnya mulai mengambil langkah tegas dan mengatakan bahwa pemain curang dapat diblokir secara permanen dari game. Dalam salah satu halaman yang baru diposkan di website Niantic minggu ini, Niantic menyatakan bahwa bentuk kecurangan yang dapat mengakibatkan pemain diblokir permanen dari game diantaranya adalah memalsukan lokasi, menggunakan emulator, memodifikasi software dan/atau mengakses Pokemon Go dengan software pihak-ketiga. Dalam halaman tersebut, Niantic juga menyediakan link bagi pengguna yang merasa akunnya diblokir tanpa sebab yang jelas untuk mengajukan permohonan pencabutan blokir tersebut.

Sebelumnya, Pokemon Go hanya mengenal sistem blokir sementara dimana pemain yang dicurigai melakukan kecurangan tidak dapat mengakses game untuk beberapa jam. Sampai saat ini belum jelas bagaimana cara Niantic mendeteksi pemain yang melakukan kecurangan dan sejauh mana keefektifan sistem deteksi Niantic tersebut. Dengan adanya pengumuman terbaru ini, banyak pemain yang berharap Niantic sukses untuk mengurangi perilaku curang dalam Pokemon Go.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of