Mobius Final Fantasy: Produk Gagal Square Enix atau Sebaliknya?3 min read

Kamu suka seri dari game Final Fantasy? If yes, kamu harus banget coba game yang baru beberapa minggu rilis di IOS dan Android yang berjudul Mobius Final Fantasy (cek disini untuk website resminya). Yup, ini merupakan seri terbaru dari Final Fantasy setelah sebelumnya Square Enix sudah mencoba untuk meluncurkan beberapa seri Final Fantasy untuk smartphone seperti Final Fantasy Record Keeper, Final Fantasy Brave Exvius. Selain itu, Square Enix juga men-convert beberapa game Final Fantasy yang sukses di konsol PSX menjadi game berbayar di Play Store.

null

Walaupun begitu, belum ada game yang bertemakan Final Fantasy ini yang mampu menyaingi game-game yang sekarang menduduki peringkat atas di Play Store. Bahkan, di kategori RPG game, Square Enix masih belum dapat menarik minat pengguna smartphone untuk mengunduh game-game nya. Nah, dengan dirilisnya Mobius Final Fantasy, diharapkan para pengguna smartphone dapat merasakan the new sensation dalam bermain RPG game. Kalau kamu menduga game ini akan menjadi plagiat game-game RPG yang sebelumnya sudah di-launch di Play Store, kamu salah besar. Ini dikarenakan Mobius Final Fantasy mengadaptasi battle system yang ada pada Final Fantasy ditingkat PS3 keatas. Disini, kita akan mencoba melihat beberapa aspek dari game yang patut di highlight. Enjoy!

POSITIFNYA..

1.Grafik yang fantastis

Ini sebenernya yang menjadi main selling point dari Mobius Final Fantasy karena grafisnya yang luar biasa bagusnya. Jika kamu pernah bermain seri Final Fantasy at least di konsol PS3, grafisnya persis seperti itu. Jika kamu memainkan game ini di smartphone dengan spesifikasi yang lumayan, grafisnya dijamin ga akan patah patah dan lancar tanpa cacat.

ewwrw

2.Aspek Final Fantasy yang kental banget

Kalau kamu merupakan Final Fantasy fans, maka kamu akan notice hampir semua aspek pada game ini mengadaptasi Final Fantasy seperti mata uang Gil, monster-monster yang sering muncul di banyak seri Final Fantasy, beserta skill-skill yang juga ga kalah sering muncul di seri-seri Final Fantasy sebelumnya. Jadi, kamu ga perlu terlalu susah untuk memahami game ini kalau kamu sudah pernah main seri Final Fantasy lainnya.

3. Sistem Job dan Card yang sangat unik

Another main selling point of this game yang niche banget dan belum ada di game-game smartphone lainnya. Di Mobius Final Fantasy, kamu hanya memainkan satu karakter dan kamu dapet mengkostumisasi karakter kamu dengan job-job tertentu (onion knight, mage, thief, dan lain lain) dimana setiap job punya keuntungan sendiri-sendiri.

kj
Sistem card disini sebenernya dikombinasikan dengan sistem elemen yang juga sudah ter-apply di game ini. Card disini berguna untuk memberikan skill (defensif/ofensif) bagi karakter kita yang masing masing card memiliki elemen masing-masing. Jadi, skill-skill yang nantinya akan digunakan pada tiap battle akan tergantung pada card yang kita pakai.

NEGATIFNYA..

1. Battle System dan Kostumisasi Karakter yang agak ribet

Nah, ini salah satu kesan negatif dari Mobius Final Fantasy karena dalam battle, terlalu banyak option option yang kalau dilihat terlalu “padat” dalam satu layar. Jadi, gampang banget untuk salah pencet dan tentunya jadi salah skill. Another thing is kalau kamu termasuk casual player, pasti udah mulai bete duluan dengan layarnya yang ga landscape jadi desain grafis yang bagus jadi hanya bisa dinikmati dalam kondisi smartphone non-landscape.

;

Kostumisasi karakter juga ribet banget ditambah dengan layarnya yang ga landscape jadi pasti juga pasti akan membuat game ini jadi boring setelah beberapa kali main. Juga, terlalu banyak kostumisasi yang membingungkan walaupun sudah ada tutorialnya.

KESIMPULANNYA

Borntonerd memberi rating 6/10 untuk game Mobius Final Fantasy karena konsep battle system dan kostumisasi karakter yang ribet dan boring. Tapi tentunya grafis dan konsep dari game ini patut untuk diperhitungkan karena jarang banget ada game yang cukup niat untuk memberi desain yang top level.

Ryan Adiputra Author

Fellow writer in borntonerd.com mostly about games.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of