Microsoft Akan Menghadirkan Dua Pembaruan Utama Windows 10 Tahun Depan2 min read

Pembaruan windows 10 versi anniversary alias Windows 10 versi 1607, yang dihadirkan pada 2 Agustus 2016, akan menjadi pembaruan utama terakhir tahun ini. Pembaruan ini diklaim oleh Microsft, meningkatkan kecepatan boot hingga 20% dan ramah daya dengan membuat lebih dari 150 peningkatan di fungsi batere. Lewat pembaruan ini, mereka juga mengenalkan produk baru yang berfokus pada pendidikan, Windows 10 Pro Education dan Windows 10 Education. Microsoft sekarang langsung mengarahkan fokusnya untuk dua pembaruan besar di tahun 2017, yang dinamai dengan kode Redstone 2 (rs2) dan Redstone 3 (rs3). Pembaruan versi 1607 yang sekarang adalah versi berkode Redstone 1 (rs1). Ekspektasi yang muncul dari kalangan pengguna, kemungkinan rs2 akan memfokuskan pada fungsi mobile dan akan diluncurkan bersamaan dengan Microsoft Surface terbaru nantinya. Microsoft telah memulai pembuatan rs2 sekarang, walaupun masih belum diketahui pasti apa yang menjadi fitur utama dari dua pembaruan yang akan datang tersebut.


Untuk fitur baru yang dihadirkan lewat pembaruan versi ultah 1607 kepada pengguna (end users), berikut adalah daftarnya:

  • Windows Ink
    Muncul pertama kali di versi 1607, Windows Ink memungkinkan kamu untuk membuat catatan secara cepat dan mudah, membikin sketsa pada screenshot atau menggambar apapun. Smart sticky notes dapat membantumu untuk mengingatkan pada tugas harianmu seperti jadwal pesawat atau menawarkan bantuan arah lewat aplikasi Maps. Kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang Windows Ink disini.
  • Peningkatan keamanan lewat Windows Defender dan Windows Hello
    Pembaruan 1607 menghadirkan beberapa peningkatan untuk Windows Defender, yang termasuk pilihan untuk memindai secara otomatis sesuai jadwal agar membuat PC kamu aman. Windows Hello juga mengalami peningkatan dan pemindahan data validasi biometrik ke TPM baru, selengkapnya bisa dilihat disini.
  • Peningkatan efisiensi daya lewat Microsoft Edge dan ekstensinya
    Peningkatan penghemat daya terdapat pada Microsoft Edge untuk membuat daya tahan batere laptop lebih lama. Tersedia juga ekstensi untuk Microsoft Edge yang dapat diunduh di Windows Store, seperti Pinterest Pin It, Amazon Assistant, Adblock, Adblock Plus, dan LastPass.
  • Pembaruan Cortana (hanya di U.S dan U.K)
    Cortana dapat dijalankan walau layarmu dalam keadaan terkunci (lockscreen) jadi kamu bisa melakukan hal seperti bertanya, memutar lagu, atau mengatur jadwal tanpa harus membuka layar. Cortana dapat menyimpan dan mengingat informasi penting, seperti nomor penerbangan yang sering kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan foto untuk membuatnya menjadi pengingat visual, seperti makanan yang kamu suka di restoran yang telah dikunjungi.
  • XBOX One
    Dengan Cortana, fungsi voice commands pada Xbox One juga turut bertambah dengan lebih akurat menerka omonganmu. Kamu bisa menggunakan Cortana untuk menemukan game baru, melihat status temanmu, memulai permainan grup (party), menyalakan Xbox mu jika menggunakan fitur Kinect.
  • Inovasi untuk edukasi
    Pengguna dapan menggunakan fitur edukasi baru yang termasuk setup yang simpel dan cepat untuk menolong para pendidik membuat ujian dengan cara aman lewat aplikasi “Take A Test”, selengkapnya bisa dilihat disini.
  • Coba Skype Preview
    Skype Preview untuk Windows PCs membuat kita dapat mengaktifkan semua fitur favorit di Skype: bicara 1 lawan 1 dan panggilan video grup, fitur voice pada chatting, menelpon hape dan telpon rumah, membagikan berkas, emotikon, dan Mojis.

Aditya Setiabudi Author

Once upon a time, I was a student. Now, I am an author of this website. I write about arts, culture, music, and technology reviews.