Mengoptimalkan Kecepatan Internet Wireless Menggunakan Wifi Analyzer3 min read

Pernahkah anda merasa bahwa kecepatan internet wireless anda lambat? Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena selama ini hotspot internet anda berada di channel yang ramai digunakan orang lain. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan menggunakan Wifi Analyzer untuk mengoptimalkan kecepatan internet wireless kita dengan cara.mencari channel terbaik yang bisa digunakan oleh router wifi kita.

Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah mengunduh aplikasi Wifi Analyzer ke smartphone kita menggunakan link yang sudah Borntonerd sediakan diatas. Kemudian kita hubungkan smartphone kita ke hotspot wifi yang sering kita gunakan dan setelah itu kita buka aplikasi Wifi Analyzer.

Pada layar utama dari aplikasi Wifi Analyzer ini kita bisa langsung melihat channel berapa yang digunakan oleh hotspot wifi kita dan juga channel berapa yang digunakan oleh hotspot-hotspot lainnya yang berada di sekitar kita.

Layar utama Wifi Analyzer
Layar utama dari aplikasi Wifi Analyzer.

Pada gambar di atas, kita bisa melihat bahwa hotspot yang digunakan oleh borntonerd (Perseverance) berada di channel 11 bersama dengan beberapa hotspot lainnya. Kemudian kita slide dua kali ke kanan pada layar smartphone kita hingga kita sampai ke layar channel rating (lihat gambar bawah). Pada layar ini kita bisa melihat rating dari channel yang sekarang sidang kita gunakan dan rating dari channel lain jika kita hendak mengubah channel milik hotspot wifi kita. Pada gambar di bawah kita bisa melihat bahwa rating dari channel 11 yang sedang kita gunakan adalah 1,5/10 sementara ada channel lain dengan rating yang lebih baik yaitu channel 1 dengan rating 5/10, sehingga disarankan agar kita mengubah channel hotspot wifi kita dari channel 11 ke channel 1.

Channel rating Wifi Analyzer
Layar channel rating dari aplikasi Wifi Analyzer.

Setelah kita mengetahui channel mana yang terbaik untuk kita gunakan, kita bisa segera masuk ke halaman web interface router wifi milik kita dan mengubah channel wireless router kita ke channel yang sesuai. Untuk mengetahui cara mengakses halaman web interface router di rumah anda, cobalah cek buku petunjuk yang didapatkan saat membeli router atau catat merk dan model router milik anda dan cari cara mengakses halaman web interface router tersebut melalui Google. Sebagai contoh, saya menggunakan modem-router yang dipinjamkan oleh Biznet dan cara mengaksesnya adalah dengan mengakses alamat 192.168.88.254 melalui web browser.

Halaman web interface modem-router Biznet
Halaman web interface modem-router dari Biznet yang digunakan borntonerd. Perhatikan kotak merah adalah menu yang digunakan untuk mengubah channel hotspot wifi milik kita.

Setelah kita ganti channel dari hotspot wifi kita, matikan wifi pada smartphone kemudian nyalakan lagi dan hubungkan kembali dengan hotspot wifi milik kita. Kemudian buka lagi Wifi Analyzer di smartphone kita untuk mengecek apakah channel hotspot wifi kita sudah berubah.

Layar utama Wifi Analyzer setelah ubah channel
Tampilan layar utama Wifi Analyzer setelah mengubah channel hotspot wifi. Perhatikan sekarang hotspot Perseverance sudah berada di channel 1.

CATATAN: pada umumnya channel yang bisa digunakan di Indonesia adalah channel 1 hingga 11 dan disarankan agar masing-masing hotspot hanya untuk menggunakan antara channel 1, 6, atau 11 agar pemakaian channel optimal dan tidak ada noise yang diciptakan karena adanya perpotongan antar channel yang berdekatan. Jika ada hotspot lain di sekitar kita yang menggunakan channel lain selain 1, 6, dan 11 coba sarankan pemilik hotspot tersebut untuk mengubah channel mereka menjadi channel 1, 6, atau 11.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

1 Comment on "Mengoptimalkan Kecepatan Internet Wireless Menggunakan Wifi Analyzer3 min read"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] BACA JUGA: Cara Mengoptimalkan Kecepatan Internet Wireless Menggunakan Wifi Analyzer […]