Gameplay Mekorama

Mekorama, Game Puzzle Ringan dengan Grafik Cantik2 min read

Setelah sebelumnya Borntonerd sudah mengulas game ber-genre simulation, RPG, dan adventure; kali ini Borntonerd akan mengulas game bergenre puzzle yang bernama Mekorama (Android, iOS). Game yang dikembangkan oleh Martin Magni ini punya cara main yang sederhana, kamu hanya perlu menuntun robot berwarna kuning bernama “B” dari titik awal sampai ke titik akhir. Kalau kamu pernah main Monument Valley, Mekorama ini kurang lebih serupa cara mainnya dengan Monument Valley.

Gameplay Mekorama
Tampilan dari game Mekorama.

Mekorama sendiri menyediakan 50 level puzzle, jumlah yang tidak sedikit, dan semakin tinggi levelnya tentu semakin tinggi juga kesulitannya. Kalau level-level awal bisa diselesaikan dengan hitungan detik, level 30-an bisa bikin kamu pusing garuk-garuk kepala ketika memikirkan cara menyelesaikan level tersebut.

Selain 50 level tersebut, Mekorama juga memungkinkan pemainnya untuk membangun puzzle mereka sendiri atau menyelesaikan puzzle yang dibuat oleh orang lain. Jadi, meskipun seorang pemain sudah menyelesaikan 50 puzzle yang disediakan oleh Mekorama, pemain tetap bisa memecahkan puzzle lainnya yang dibuat oleh orang lain. Anda tinggal mencari puzzle Mekorama lain di internet dan memindai QR code-nya atau menyimpan gambar QR code tersebut dan membuka gambarnya langsung dari dalam game. Coba buka terlebih dahulu Facebook atau Twitter dari developer Mekorama untuk mencari QR code puzzle tambahan. Selain dua sumber tersebut, tentunya banyak lagi puzzle-puzzle Mekorama lain yang bertebaran di internet.

Menambah puzzle milik orang lain dalam game Mekorama
Pemain dapat menambahkan dan menyelesaikan puzzle yang dibuat oleh orang lain.

Seperti yang sudah Borntonerd singgung sedikit di atas. Salah satu kelebihan game Mekorama ini adalah pemain dapat membangun puzzle baru sesuai keinginan mereka. Ada kesenangan sendiri saat membangun puzzle ini, apalagi jika kita berhasil membangun puzzle dengan tingkat kompleksitas yang tinggi.

Buat puzzle sendiri dalam game Mekorama
Pemain dapat membuat puzzle mereka sendiri dan membagikan puzzle tersebut untuk dipecahkan oleh orang lain.

Keunggulan lain dari game ini adalah grafik yang cantik sehingga pemain tidak mudag bosan saat memainkan game ini. Terakhir, game Mekorama ini bersifat gratis; dan walaupun gratis, game ini tetap bersih dari iklan. Sebagai gantinya, developer game ini hanya menampung donasi bagi pemain yang bersedia memberikan donasi. Pemain yang tidak memberikan donasi pun tidak jadi masalah, pemain tetap bisa menyelesaikan game hingga selesai, fitur membangun puzzle sendiri atau menambah puzzle milik orang lain pun tetap bisa diakses. Satu-satunya kelemahan dari pemain yang tidak memberikan donasi alias pemain gratisan adalah ia tidak bisa menerima petunjuk saat kesulitan memecahkan puzzle.

Baca Review Game Lainnya: Flying Futuristic Cars: Terbangkan Mobilmu!

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

1 Comment on "Mekorama, Game Puzzle Ringan dengan Grafik Cantik2 min read"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
ABDUL WAHID
Guest

tertarik ma game nyaaa
apa lagi saya suka game2 yang kayak gini