Unified Remote apps Android iOS Wiindows Phone

Kontrol Komputermu dengan Smartphone Menggunakan Unified Remote2 min read

Borntonerd kali ini akan me-review salah satu aplikasi yang menurut Borntonerd sangat berguna, yaitu Unified Remote (Android, iOS, Windows Phone). Unified Remote adalah aplikasi smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol komputer/laptop menggunakan smartphone.

Sebelum masuk lebih lanjut, Borntonerd harus terlebih dahulu menjelaskan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat menggunakan aplikasi ini, yaitu:

  1. Harus meng-install aplikasi Unified Remote di smartphone dan di komputer/laptop yang akan dikontrol. Link download untuk komputer/laptop bisa diakses disini.
  2. Smartphone dan komputer/laptop yang dikontrol harus terhubung dalam satu koneksi wireless yang sama atau dengan kata lain harus terhubung dalam hotspot yang sama.

Jika sudah memenuhi dua syarat tersebut maka anda bisa menggunakan aplikasi ini. Caranya simpel, anda tinggal menjalankan terlebih dahulu aplikasi/server Unified Remote yang sudah di-install di komputer anda. Kemudian anda buka aplikasi Unified Remote di smatphone anda dan menghubungkannya dengan komputer/laptop anda.

Jika sudah terhubung, anda sekarang sudah bisa mengontrol komputer anda menggunakan beberapa pilihan remote yang disediakan oleh aplikasi Unified Remote (lihat gambar). Beberapa remote yang tersedia dalam versi gratis aplikasi ini di platform Android diantaranya adalah remote basic input, file manager, media, power dan slide show.

Pilihan remote versi gratis Unified Remote Android
Pilihan beberapa remote yang ada dalam versi gratis dari Unified Remote untuk platform Android.

Dalam remote basic input, anda bisa menjadikan layar smartphone anda menjadi mouse untuk mengontrol pointer mouse komputer anda. Anda bisa juga mengetik di komputer menggunakan keyboard yang disediakan oleh Unified Remote. Remote file manager memungkinkan anda membuka file pada komputer anda melalui smartphone anda.

Sementara itu remote media bisa berisi tombol-tombol yang biasanya ada di sebuah media player (play, pause, stop, previous, next) yang bisa digunakan untuk mengontrol media player yang ada di komputer anda. Jadi jika anda sedang memutar lagu melalui media player komputer anda dan ingin pause atau skip ke lagu berikutnya anda bisa melakukannya melalui smartphone anda.

Remote power memungkinkan anda melakukan shut down, restart, log off, dan hibernate komputer anda layaknya tombol power pada sebuah komputer. Terakhir, remote slide show amat berguna jika anda sedang melakukan presentasi menggunakan slide power point.

interface tampilan Unified Remote
Dari kiri ke kanan: tampilan layar dari remote basic input, file manager, media, dan slide show dalam aplikasi Unified Remote.

Aplikasi Unified Remote ini bersifat gratis pada platform Android, sementara pada iOS dan Windows Phone anda harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi ini. Versi gratis dari aplikasi ini pada platform Android juga memiliki keterbatasan karena tidak semua remote dapat diakses dalam versi ini, tapi Borntonerd berpendapat bahwa versi gratis dari Unified Remote tersebut sudah lebih dari cukup. Tentunya jika anda penasaran dengan remote-remote lain yang ada di Unified Remote, anda juga bisa memilih untuk membeli versi penuh dari aplikasi ini.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of