JustWatch, Search Engine untuk Streaming Film dan TV Series2 min read

Belakangan ini, kita semakin banyak mendengar mengenai situs layanan streaming film dan TV series berlangganan seperti Netflix, iflix, Catchplay, Hooq, Viu, dan masih banyak lagi. Selain layanan berlangganan ada juga situs yang menawarkan layanan penyewaan atau penjualan copy digital film dan TV series seperti Google Play Movies atau iTunes.

Situs-situs yang Borntonerd sebutkan di atas juga semakin banyak digunakan di Indonesia menggantikan kebiasaan masyarakat Indonesia yang tadinya banyak mengandalkan film bajakan untuk solusi menonton film dan TV series di rumah.

Masing-masing situs layanan streaming tersebut tentu memiliki plus dan minus tersendiri. Mereka juga memiliki library persediaan koleksi film dan TV series yang berbeda-beda dan library tersebut biasanya mereka ubah/update setiap bulan.

Jadi, jika ada satu film yang ingin anda tonton, bisa jadi film ini tersedia di situs layanan streaming A, tapi tidak tersedia di situs B. Bahkan bisa saja film ini bisa ditonton secara gratis di situs C.

Bagi mereka yang berlangganan di lebih dari satu tempat situs layanan streaming, atau mereka yang berlangganan berpindah-pindah tempat dari bulan ke bulan, atau mereka yang kebetulan hanya ingin menonton satu film tertentu, tentunya akan sangat merepotkan jika anda harus mencari film yang ingin anda tonton tersebut satu per satu di masing-masing situs layanan streaming.

Kabar gembira, kali ini Borntonerd datang membawa solusi. Anda bisa menggunakan layanan situs Justwatch untuk mencari film yang ingin anda tonton tanpa harus mencari satu per satu tiap situs layanan streaming.

Hanya dengan memasukkan nama film yang dimaksud ke dalam search bar, Justwatch nantinya akan menampilkan di situs layanan streaming mana saja film tersebut tersedia, baik sebagai bagian dari layanan berlangganan atau melalui layanan sewa dan beli yang disertai dengan harganya.

Sebagai contoh, pada gambar di atas Borntonerd mencari film The Intern melalui Justwatch. Hasil pencarian menunjukkan bahwa kita bisa menonton film tersebut dengan berlangganan bulanan di Netflix atau dengan menyewa/membeli film tersebut melalui Hooq, Catchplay, iTunes, atau Google Play dengan Catchplay menawarkan harga sewa termurah yaitu hanya Rp15.000. Simple kan?

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of