ios 10

iOS 10 Resmi Dirilis, Berikut Fitur-Fitur Terbarunya dan Daftar Perangkat yang Kebagian3 min read

Setelah sempat diumumkan pada saat peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus minggu lalu, Apple akhirnya secara resmi merilis sistem operasi untuk perangkat mobile terbarunya yaitu iOS 10.

Daftar perangkat yang kebagian iOS 10 ini terdiri atas: iPhone SE, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPod touch 6th generation, iPad 4th generation, iPad Air, iPad Air 2, iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Mini 4, dan iPad Pro. Jika anda memiliki salah satu dari perangkat-perangkat yang disebut diatas, anda bisa segera mengunduh iOS 10.

Berikut adalah beberapa fitur-fitur terbaru yang hadir dalam iOS 10 ini.

Lock Screen baru

Salah satu ciri khas dari iOS dan perangkat iPhone adalah tulisan “swipe to unlock” yang hadir di lock screen. Dalam iOS 10 tulisan tersebut hilang dan digantikan dengan tulisan “press home to unlock“. Ya, pada iOS 10 ini pengguna harus menekan tombol home mereka untuk membuka kunci perangkat iPhone/iPad alih-alih harus melakukan swipe pada layar.

iOS 10 lock screen perubahan

Ada alasan dengan diperkenalkannya perubahan ini, karena mulai sekarang jika anda melakukan swipe ke kiri pada layar lock screen anda bisa langsung mengakses kamera dan jika anda melakukan swipe ke kanan maka layar widget akan tampil.

Selain itu, iOS 10 juga memperkenalkan fitur Raise to Wake dimana layar perangkat anda akan langsung menyala ketika anda mengangkat perangkat tersebut tanpa harus menyentuh tombol apapun, hal ini memudahkan untuk pengguna yang hanya ingin menengok notifikasi terbaru yang masuk. Anda juga bisa berinteraksi lebih banyak secara langsung dengan notifikasi yang masuk tanpa harus membuka kunci perangkat anda terlebih dahulu.

iMessage dirombak besar-besaran

Sebenarnya perombakan iMessage ini berada di sisi kebijakan yang diterapkan oleh Apple, dimana mulai sekarang iMessage dibuka sebagai platform untuk dikembangkan oleh developer pihak ketiga dan Apple juga membuka app store sendiri khusus untuk iMessage.

Selain itu, iMessage juga menagalami perubahan-perubahan kecil lainnya seperti emoji yang lebih besar, predictive emoji, visual effect, pesan dengan tulisan tangan, alat untuk menggambar, dan pilihan untuk menyertakan musik dari Apple Music.

Apple Music juga mengalami renovasiiOS 10 Apple Music Browse

Secara keseluruhan, Apple Music mengalami perubahan besar dari segi desain dan tampilan. Selain dari segi desain dan tampilan, aplikasi streaming musik dari Apple ini juga menambahkan beberapa fitur baru yang tidak ada di versi sebelumnya, diantaranya adalah hadirnya fitur My New Music Mix yang akan merekomendasikan musik-musik baru setiap hari Jumat yang rekomendasinya disesuaikan bagi masing-masing pengguna. Fitur My New Music Mix ini merupakan jawaban Apple Music terhadap fitur Discover Weekly milik rival mereka Spotify yang sudah hadir terlebih dahulu.

Beberapa tab dalam aplikasi Apple Music juga mengalami perubahan nama seperti tab New yang berganti nama menjadi Browse dan tab My Music juga berganti nama menjadi Library.

Bisa menghapus aplikasi bawaan

Kemampuan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan dari Apple juga baru hadir dari dalam iOS 10 kali ini. Jadi mulai sekarang, pengguna bisa memilih untuk menghapus total 23 aplikasi bawaan dari Apple yang jarang mereka gunakan. Diantara 23 aplikasi yang bisa dihapus tersebut, diantaranya adalah Calculator, Calendar, Compass, iBooks, Voice Memos, dan Podcasts.

Lainnya

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan diatas, masih banyak lagi fitur-fitur kecil baru yang disertakan dalam rilis iOS 10. Diantaranya adalah aplikasi Photos yang dipersenjatai dengan fitur face recognition dan object recognition; Apple News yang juga hadir dengan beberapa fitur baru; dan aplikasi Maps sekarang disertai dengan laporan lalu lintas bersifat live dan bisa diintegrasikan dengan aplikasi pihak-ketiga.

via VentureBeat [1][2] dan The Next Web [1][2]

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of