Google Tango

Google Tango, Masa Depan Teknologi Augmented-Reality3 min read

Sebelum masuk membahas Google Tango, ada baiknya kita perjelas dulu dengan apa yang dimaksud dengan augmented-reality. Augmented-reality (AR) adalah teknologi yang menambahkan elemen maya yang dibentuk oleh komputer ke dalam lingkungan nyata yang dapat disaksikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu penerapan dari teknologi augmented-reality ini bisa kita lihat pada permainan Pokemon Go dimana kita bisa melihat animasi pokemon (elemen maya) yang ditambahkan ke dalam lingkungan nyata di sekitar kita yang diambil menggunakan kamera smartphone kita. Patut dipahami bahwa augmented-reality ini berbeda dengan virtual-reality (VR). Perbedaannya adalah teknologi augmented-reality itu “melengkapi” lingkungan nyata dengan cara “menambahkan” elemen maya buatan komputer, sementara teknologi virtual-reality justru “mengurangi” atau “menghilangkan” lingkungan nyata dan mengganti seluruhnya dengan lingkungan maya.

Nah, Google Tango sendiri merupakan teknologi location-sensing buatan Google yang memanfaatkan sensor, computer vision, dan image processing sehingga membuat smartphone dapat mendeteksi posisinya relatif terhadap lingkungan sekitarnya tanpa menggunakan GPS. Selain menentukan posisi relatif terhadap lingkungan, dengan teknologi location-sensing-nya ini, smartphone dengan teknologi Google Tango juga dapat memetakan area sekitar penggunanya, menentukan jarak antar benda, atau mengukur ukuran suatu ruangan. Akurasi Tango juga dikabarkan akurat hingga skala centimeter.

Dengan teknologi yang seperti itu, Google Tango sendiri akan banyak digunakan oleh developer untuk mengembangkan aplikasi navigasi dalam ruangan, 3D mapping, pengukuran benda/ruangan menggunakan smartphone, pengenalan lingkungan, dan tentu saja augmented-reality.

Sampai saat ini memang baru satu smartphone saja yang dapat mengaplikasikan teknologi Google Tango ini, yaitu Lenovo Phab 2 Pro; dan masih terbatas aplikasi yang sudah menerapkan teknologi dari Google Tango ini. Namun dari aplikasi-aplikasi yang terbatas tersebut saja kita sudah bisa melihat kecanggihan dari Google Tango ini.

Kita akan ulas aplikasi WayfairView sebagai contoh. Ketika anda membeli furnitur secara online menggunakan WayfairView, aplikasi tersebut akan menempatkan animasi furnitur tiga dimensi ke dalam ruangan anda sesuai dengan ukuran dan model furnitur yang ingin anda beli sehingga anda bisa menilai apakah model dan ukuran furnitur tersebut cocok dengan ruangan anda.

Aplikasi lain yang juga menarik adalah Measure, karena dengan aplikasi ini kita tidak akan membutuhkan lagi penggaris atau pita ukur untuk mengukur benda-benda di sekitar kita, cukup dengan smartphone dan aplikasi Measure.

Jika anda ingin belajar mengenai tata surya secara menyenangkan dengan teknologi augmented-reality, ada Solar Simulator. Aplikasi ini akan mengeluarkan animasi tata surya ke dalam ruangan anda dan anda bisa berinteraksi dengan animasi tersebut dan memperoleh informasi mengenai objek-objek di tata surya. Sangat menarik kan?

Tentu saja karena Google Tango ini masih tergolong baru dirilis ke publik, masih ada beberapa kekurangan dari Google Tango. Kelemahan pertama adalah masih terbatasnya smartphone dan aplikasi yang mendukung Google Tango ini seperti yang sudah Borntonerd sebutkan di atas. Tapi ini hanyalah masalah waktu karena dalam waktu dekatpun Borntonerd yakin akan banyak pabrikan dan developer lain yang akan segera meluncurkan smartphone dan aplikasi yang mendukung penggunaan Google Tango.

Kelemahan lain dari Google Tango adalah saat ini hardware yang dibutuhkan Google Tango masih berukuran cukup besar sehingga smartphone yang mendukung Google Tango ini masih lebih besar dan lebih berat dari smartphone umumnya dan cukup menghabiskan baterai ketika menggunakan aplikasi berbasis Google Tango. Tapi untuk masalah inipun pihak Google yakin, seiring dengan banyaknya pabrikan yang mengembangkan teknologi Google Tango, cepat atau lambat akan muncul terobosan teknologi yang memungkinkan smartphone Google Tango berukuran lebih kecil dan lebih ramah baterai.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

1 Comment on "Google Tango, Masa Depan Teknologi Augmented-Reality3 min read"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
NOVIAN
Guest

Teknologi emang keren