Google Pixel

Google Merilis Smartphone Buatan Sendiri, Pixel dan Pixel XL2 min read

Dalam event yang digelar tadi malam (4/10), Google meluncurkan beberapa gadget terbarunya secara sekaligus. Namun diantara gadget-gadget tersebut, Google Pixel dan Pixel XL menjadi sorotan utama. Pixel dan Pixel XL menjadi smartphone pertama yang diklaim “Made by Google” alias dibuat sendiri oleh Google.

Perbedaan Pixel dan Nexus

Walaupun sama-sama mencantumkan nama Google, Pixel dan Nexus memiliki beberapa perbedaan mendasar. Pertama adalah Pixel dan Pixel XL merupakan smartphone pertama yang murni dirancang oleh Google baik segi software maupun hardware, sehingga kualitasnya dijamin sepenuhnya oleh Google. Hal ini berbeda dengan Nexus, dimana Google bekerjasama dengan pabrikan smartphone pihak-ketiga (e.g. Motorola, LG, Huawei) untuk membuat smartphone berlabel Google Nexus, sehingga dalam membuat Nexus pabrikan pihak-ketiga tersebut juga banyak terlibat dalam proses perancangan.

Walaupun Pixel dan Pixel XL ini juga dirakit oleh pabrikan lain (i.e. HTC), dalam hal ini HTC tidak memiliki andil apapun dalam proses perancangan. Peran mereka adalah sekedar sebuah kontraktor yang ditunjuk Google untuk merakit Pixel dan Pixel XL.

Perbedaan lainnya adalah untuk Pixel dan Pixel XL, Google sendiri yang akan melakukan distribusi fisik dua smartphone tersebut.

Spesifikasi Hardware Kelas Atas

Dari segi spesifikasi sendiri, Google Pixel mengusung layar 5.0″ AMOLED Full HD dengan resolusi 1920 x 1080 piksel, sementara Pixel XL dilengkapi layar 5.5″ AMOLED QHD dengan resolusi 2560 x 1440 piksel. Untuk kamera, Pixel dan Pixel XL sama-sama dilengkapi dengan kamera belakang 12.3 MP dan kamera depan 8 MP yang diklaim sebagai kamera terbaik dibanding dengan seluruh smartphone lainnya. Pixel dan Pixel XL juga disertai dengan prosesor Snapdragon 821, RAM 4GB, memori internal 32 GB atau 128 GB, serta baterai 2770 mAh untuk Pixel dan 3450 mAh untuk Pixel XL.

Dilengkapi Software Terbaru

Kedua smartphone tersebut juga sudah dipersenjatai dengan Android 7.1 yang paling baru dan didukung dengan hadirnya Google Assitant untuk membantu penggunanya. Google Assistant adalah upgrade dari Google Now yang sekarang hadir di kebanyakan smartphone Android lainnya. Saat ini Google Assistant baru bisa digunakan di dalam aplikasi Allo milik Google, jadi Pixel dan Pixel XL akan menjadi smartphone pertama yang dilengkapi Google Assistant di luar Allo.


Pixel dan Pixel XL juga menjadi smartphone pertama yang didukung untuk platform virtual reality milik Google, Daydream. Untuk memanfaatkan fitur ini secara maksimal, pengguna Pixel dan Pixel XL harus membeli perangkat Google Daydream yang juga dirilis bersamaan kemarin.

Bonus Lainnya Untuk Pengguna Pixel

Pengguna Pixel dan Pixel XL juga didukung oleh kemampuan untuk backup foto dan video dari smartphone ke Google Photos secara tidak terbatas dan dalam resolusi penuh. Fasilitas tersebut diberikan kepada pengguna Pixel dan Pixel XL secara cuma-cuma.

Terakhir, pengguna Pixel dan Pixel XL juga difasilitasi layanan bantuan langsung dari pihak customer service Google yang tersedia 24 jam. Anda bisa memilih melakukan panggilan telepon atau chat untuk menghubungi pihak customer service tersebut.

Google Pixel dibanderol dengan harga $649 (~Rp8,4 juta) untuk ukuran 32 GB dan $749 (~Rp9,7 juta) untuk ukuran 128 GB. Sementara Pixel XL diberi harga $769 (~Rp10 juta) untuk ukuran 32 GB dan $869 (~Rp11,3 juta) untuk ukuran 128 GB. Pixel dan Pixel XL ini tersedia dalam tiga warna yaitu hitam, perak, dan biru.

Gambar: Google, Techradar

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of