Tampilan Google Duo

Google Meluncurkan Google Duo, Aplikasi Video Call Terbaru3 min read

Kemarin, Google baru saja merilis aplikasi video call terbarunya yang diberi nama Google Duo. Duo tersedia untuk platform Android dan iOS, tapi Duo hanya bisa digunakan untuk smartphone dan tidak tersedia untuk PC. Aplikasi ini pertama kali diumumkan pada event Google I/O tiga bulan yang lalu.

Sayangnya untuk saat ini Duo belum bisa diunduh di regional Indonesia, tetapi pengguna bisa melakukan pre-registrasi di halaman Play Store dan App Store sehingga pengguna akan segera diberi notifikasi ketika Duo tersedia untuk diunduh.

Duo dirancang untuk bisa melakukan panggilan lintas platform, jadi anda yang menggunakan smartphone berbasis Android bisa menelepon teman anda yang menggunakan iPhone begitu juga sebaliknya. Untuk teknologi video call-nya sendiri, Duo menggunakan teknologi berbasis WebRTC (Web Real-Time Connection).

Sederhana

Jika Duo harus dideskripsikan menjadi satu kata, maka kata yang tepat adalah: sederhana. Google bahkan menekankan mengenai “kesederhanaan” dari Duo ini dalam press release-nya. Dari segi tampilan, sederhananya tampilan Duo berarti pengguna tidak akan kebingungan dengan banyaknya embel-embel tambahan yang memenuhi layar. Dengan hadir sederhana, berarti Duo juga akan lebih sedikit menghabiskan memori dan RAM. Sederhana juga berarti penggunaan Duo akan menjadi lebih mudah. Saat pertama kali menggunakan Duo, pengguna hanya perlu memasukkan nomor handphone; pengguna tidak membutuhkan akun Google atau akun terpisah lainnya untuk menggunakan Duo. Duo juga akan menggunakan langsung kontak smartphone anda dan tidak membuat kontak terpisah.

Tapi sederhana juga bisa berkonotasi negatif dan diartikan sebagai minim fitur. Dari segi fitur sendiri, Duo untuk saat ini hanya bisa digunakan untuk melakukan video call konvensional saja dan belum dilengkapi dengan fitur seperti conference call atau fitur-fitur lain yang ada pada aplikasi video call lainnya.

Fitur unik

Ada satu fitur yang membedakan Duo dengan aplikasi video call lainnya, yaitu fitur Knock Knock. Dengan fitur tersebut, penerima panggilan video dapat melihat terlebih dahulu gambar dari sang penelepon sehingga dia bisa melihat apa yang sedang dilakukan orang yang menelepon anda dan anda bisa memutuskan untuk menerima atau tidak telepon tersebut. Untuk saat ini fitur ini baru bisa digunakan pada platform Android. Penggunaan fitur Knock Knock ini bisa anda lihat langsung di video di bawah ini.

Performa Prima

Mengutip dari The Verge yang sudah me-review langsung aplikasi ini, dilaporkan bahwa video call yang dilakukan melalui Duo memiliki kualitas baik dan berjalan mulus tanpa adanya gangguan. Video call bahkan tetap dapat berjalan lancar ketika koneksi yang digunakan diganti dari koneksi wi-fi menjadi koneksi seluler.

Menjadi Aplikasi Video-Call Utama Android

Google mengharapkan Google Duo bisa jadi aplikasi video call nomor satu bagi platform Android, layaknya FaceTime pada iOS. Tapi tentunya harapan Google tersebut tidak akan terwujud dengan begitu mudah karena Google menghadapi persaingan dengan aplikasi lain yang menawarkan fitur video call seperti Facebook Messenger, Line, atau Viber.

Untuk menjadi aplikasi video call nomor satu di platform Android dan menjadi pesaing FaceTime di iOS, tentunya Duo harus digunakan oleh cukup banyak pengguna; sehingga pengguna lain yang belum memasang Duo di smartphone-nya “terpaksa” harus memasang Duo agar bisa melakukan video call ke temannya yang menggunakan Duo.

Salah satu cara memperbanyak pengguna Duo adalah dengan mengikutsertakan Duo ke dalam daftar aplikasi bawaan Android. Seperti dikutip oleh The Verge, ketika ditanya mengenai kemungkinan Google Duo dimasukkan kedalam suite aplikasi bawaan Android, Nick Fox, Wakil Presiden Divisi Komunikasi Google mengatakan bahwa Google saat ini belum mengambil keputusan untuk masalah tersebut. Nick Fox menambahkan bahwa untuk saat ini Google fokus memantau performa Duo dan reaksi dari penggunanya.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of