Fate/Grand Order: Game Japanese RPG Terlaris di Jepang!3 min read

Mungkin bagi kalian yang berdomisili di Indonesia, tidak begitu kenal dengan game Fate/Grand Order ini. Akan tetapi para gamers yang berada di Jepang sudah menghabiskan puluhan juta hanya untuk bermain game yang mengambil sistem Japenese RPG ini. 5 alasan kamu harus coba game RPG terdahsyat di Jepang:

1.Kamu menyukai dengan anime karakter yang dalam.

Fate/Grand Order diproduksi oleh Delightworks dengan Type-Moon sebagai pemilik franchise. Karya Type-Moon yang terkenal seperti Fate:Stay/Night, Fate:Apochrypa dan Kara no Kyoukai memiliki karakterisasi yang dalam dan cerita yang dramatis. Fate/Grand Order juga memiliki kemiripan dalam cerita yang mengharukan dan karakter yang dalam. Penulis alur cerita di anime tersebut juga ikut berperan dalam menulis cerita di game ini. Cerita Miyamoto Musashi di Arc1.5 Shimosa adalah salah satu cerita yang terbaik.

 

2.Kamu menyukai hal-hal yang berbau sejarah, fiksi atau legenda

Cerita utama Fate/Grand Order adalah menyelamatkan dunia dari keanehan di titik temu ruang dan waktu (singularity) dimana kamu berpindah dengan mesin waktu (Rayshift) ke masa tersebut. Dari sana kamu bisa bertemu dengan tokoh legendaris atau dewa kuno pada masa itu. Mulai dari Alexander atau Iskandar Agung sampai Nobunaga Oda ada di game ini. Selain itu, legenda kuno seperti Raja Arthur, ksatria meja bundar, dan Gilgamesh juga ikut membantu kamu di game ini. Mereka memiliki kemampuan dan ultimate (Noble Phantasm) yang terlalu keren untuk dilewatkan.

 

3.Kamu menyukai pengisi suara dan animasi yang berkualitas

Fate/Grand Order menggunakan Unity engine dengan karakter model yang hidup dan animasi yang cukup bagus untuk game handphone. Animasi untuk setiap karakter saat bertempur dan ultimate memiliki tema dan soundtrack masing-masing. Selain itu pengisi suara terkenal seperti Kawasumi Ayako, Takahashi Rie dan Sakurai Takahiro juga ikut mengisi karakter terkenal di game ini. Suara mereka saat bertempur atau saat di kamar akan membuat kamu jatuh cinta dengan karakter mereka.

 

4.Kamu menyukai Visual Novel dan RPG turn based Jepang

Cerita Fate/Grand Order disampaikan dengan gaya visual novel, yaitu karakter dialog dengan tulisan di bawahnya tanpa suara. Penulis dari cerita game ini adalah penulis anime dan game yang sangat berpengalaman, seperti Yuichiro Higashide(Fate/Apochrypa), Hikaru Sakurai (Fate/Prototype) dan Hazuki Minase (Fate/Kaleid liner Prisma Illya). Hanya pada saat bertempur, gameplay akan berubah menjadi turn based berdasarkan karakter yang kamu punya. Masing-masing karakter memiliki cara bermain yang sesuai dengan kemampuan tim dan musuh yang dihadapi

5.Kamu menyukai koleksi karakter dengan Gacha

Cara mendapatkan karakter di game ini adalah dengan menggunakan Friend point atau Quartz untuk gacha (random). Sebagai pemula, kamu akan mendapatkan 30 Quartz untuk 10 kali gacha. Kalau kamu termasuk yang beruntung, kamu bisa mendapat karakter langka dan bisa membantu untuk beberapa pertempuran pertama. Walaupun begitu, karakter langka tidak dipelukan untuk menyelesaikan misi, karena karakter normal pun memiliki kemampuan yang berguna.

Bagaimana? Tertarik? Fate/Grand Order sekarang memiliki 4 versi tergantung dari region yang ada, Jepang, China, Korea, dan US. Jepang adalah yang paling terbaru dengan versi 2.0 untuk cerita utamanya karena sudah berjalan lebih dari 2 tahun, sedangkan US adalah yang paling baru karena baru dirilis Juni tahun lalu. Untuk pemula lebih baik mendaftar untuk akun US karena masih banyak event yang belum dirilis untuk server tersebut sedangkan Jepang sudah berpindah ke versi terbaru yang memiliki taraf kesulitan lebih tinggi dibanding versi US.

Ryan Adiputra Author

Fellow writer in borntonerd.com mostly about games.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of