DANA & LINK AJA : Sanggup Memberikan Cashback & Promo Layaknya Go-Pay dan Ovo?4 min read

SIHIR PROMO FINTECH

Dua FinTech sedang memanjakan konsumen Indonesia dengan segala promo dan cashback di hampir seluruh outlet makanan dan outlet lainnya. Mulai dari jajanan pasar hingga restoran terkenal terus memampang logo Go-Pay dan/atau Ovo yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen Indonesia. Bagaimana tidak? Cashback double digit untuk outlet-outlet makanan terkenal hingga pinggir jalan dan Cashback single digit bagi outlet pakaian dan outlet lainnya menjadi “sihir” bagi konsumen Indonesia untuk terus menaruh uang mereka di dua aplikasi raksasa tersebut.

KEUNTUNGAN FINTECH DARIMANA?

Apakah FinTech tersebut diuntungkan dari perubahan kebiasaan dari konsumen Indonesia? Yes, mereka sangat sangat diuntungkan karena dua FinTech ini memiliki dana “setoran” dari para pengguna aplikasi yang tentunya dapat mereka putar lagi. Semakin besar kepercayaan konsumen Indonesia kepada dua aplikasi ini, semakin besar pula dana yang mereka berani simpan. Bayangkan saja, dua FinTech ini mampu mengumpulkan dana yang dikumpulkan oleh rata-rata bank selama 20 tahun, hanya dalam waktu 3 tahun.

PERLAHAN MENGUBAH KEBIASAAN KONSUMEN

Ini tentunya yang men-trigger perusahaan lokal dan BUMN untuk mengambil kesempatan dalam momentum perubahan kebiasaan konsumen Indonesia. Perusahaan lokal EMTEK dengan aplikasi DANA dan perusahaan BUMN Telkomsel dengan aplikasi LINK AJA menjadi dua aplikasi pesaing berat Go-Pay dan Ovo. Keseriusan dua perusahaan ini dilihat dari promo dan cashback yang diberikan dimana tidak tanggung-tanggung. Dua aplikasi baru ini berani mengeluarkan promo yang sama kuatnya dengan Go-Pay dan Ovo yang tentunya memilik dua arti:

(1)Konsumen Indonesia semakin dimanjakan akan tetapi secara tidak langsung akan menyebabkan mereka mengeluarkan uang lebih karena efek “Mumpung Diskon”.

(2) Mengurangi penggunaan uang kertas dan koin secara permanen.

Disini borntonerd akan membahas lebih jauh tentang aplikasi DANA dan LINK AJA. Apakah segala promo dan cashback yang diberikan membuat dua aplikasi ini layak untuk di install? Apakah cashback-nya berani lebih dalam dibanding Go-Pay dan Ovo? Let’s take a look!

 

DANA: SI RAJA PULSA DAN TIKET BIOSKOP!

Aplikasi kebanggaan EMTEK ini mencoba menguasai dua hal yang menjadi kebutuhan pokok para kaum millennial yaitu pulsa dan tiket bioskop.  Bagaimana detilnya?

  1. Bonus 25% cashback setiap pembelian pulsa
  2. Bonus 25,000 langsung (tidak ada minimum transaksi) untuk pembelian pulsa untuk pertama kali daftar Dana Premium (ini gratis, hanya tinggal submit KTP dan foto)
  3. Bekerja sama dengan TIX ID yang sering memberikan diskon 50% tiket XXI untuk pembelian seat pertama di hari tertentu
  4. Cashback hingga 50% di outlet-outlet super terkenal dengan maksimum nominal cashback hingga Rp 25,000 (jauh lebih besar dibanding GO-Pay)à hingga April 2019
  5. Memiliki fitur “patungan” dimana DANA memberikan fitur untuk saring share barcode jika pembayaran makanan atau apapun itu dilakukan secara patungan
  6. Fitur undian dengan hadiah pastinya ini gokil banget karena potongan yang di dapet bisa dipakai untuk nonton dan pulsa!

 

LINK AJA : PENGGANTI T-CASH DENGAN PROMO NANGGUNG!

Bagi kamu para pengguna T-CASH dan ingin mengupdatenya ke versi baru, pasti bingung karena dialihkan ke aplikasi yang bernama LINK AJA. Yes, LINK AJA merupakan pengganti dari T-CASH yang memiliki fitur-fitur seperti FinTech lainnya. Bernaung dibawah nama besar Telkomsel, borntonerd menemukan bahwa LINK AJA memiliki fitu dan tawaran cashback yang cenderung nanggung. Berikut adalah fitur dan cashback yang ditawarkan:

  1. Cashback sebesar 20% (saja) dengan maksimum cashback sebesar Rp 20,000 perlu di note pilihan outletnya sangat sedikit dibandingkan dengan aplikasi FinTech lainnya
  2. Promo potongan pulsa Telkomsel hanya telkomsel saja dengan potongan di tiga-empat nominal pulsa (semisal hanya di nominal Rp 10,000, Rp 50,000, dan Rp 10,000) yang jatuhnya sedikit nanggung
  3. Promo campur-campuràdibandingkan FinTech lainnya LINK AJA cenderung memberikan promo yang terlalu random, mulai dari restoran, gratis delivery KFC (dengan minimum transaksi), hingga ke cashback tiket mudik. Ini tentunya menyebabkan nama brand LINK AJA sulit diasosiasikan dengan promo tertentu karena main focus-nya terlalu scattered

 

Jadi, apakah kedua uprising aplikasi FinTech ini mampu menggeser Go-Pay atau Ovo. Dilihat dari fitur dan promo cashback yang ditawarkan, borntonerd memperkirakan hanya DANA yang mampu menjadi pembeda karena memiliki dua focus utama yang menjadi main selling point dari DANA yaitu tiket bioskop dan pulsa. Jika DANA mampu menguasai kedua elemen ini yang memang menjadi kebutuhan utama para kaum millennials maka DANA bisa menjadi salah satu aplikasi FinTech yang diperhitungkan keberadaanya.

Akan tetapi, LINK AJA dinilai tidak terlalu beresiko untuk GO-Pay atau Ovo karena tidak fokus ke fitur atau promo yang ditawarkan. LINK AJA, sayangnya, terlalu random dalam memberikan promo ataupun layanan fitur yang membuat image dari LINK AJA sedikit inferior dibandingkan FinTech-FinTech lainnya.

Kalau kamu masih penasaran dengan apa-apa saja yang ada di dua aplikasi baru ini, kamu bisa langsung download di Play Store!

Ryan Adiputra Author

Fellow writer in borntonerd.com mostly about games.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of