youtube

Channel-Channel Youtube Rekomendasi Borntonerd3 min read

Youtube adalah salah satu website yang paling sering dikunjungi di dunia. Data dari Alexa per April 2017 menunjukkan bahwa Youtube menempati peringkat kedua website paling sering dikunjungi di dunia, hanya satu tempat di bawah Google.

Dalam Youtube sendiri terdapat milyaran video dalam milyaran channel yang tentunya tidak mungkin kita tonton satu per satu. Jika kualitas sebuah channel coba ditakar menggunakan jumlah subscriber-nya: dari milyaran channel tersebut, terdapat setidaknya 2.000 channel dengan jumlah subscriber melebihi satu juta. Tetap jumlah yang sangat banyak untuk dipilah satu per satu.

Tapi jangan khawatir, kamu gak perlu pilah video dan channel di Youtube satu per satu untuk cari channel yang bagus. Pada kesempatan kali ini, Borntonerd mencoba berbagi rekomendasi beberapa channel Youtube favorit Borntonerd dengan genre yang berbeda-beda. Berikut rekomendasi Borntonerd:

 

Every Frame a Painting

Channel ini berisikan esai tentang film dan sisi teknis dari pembuatan sebuah film. Dalam video-videonya, channel ini membahas bagaimana sebuah pesan dalam film dapat disampaikan melalui bagaimana scene tersebut diedit, melalui bagaimana score film tersebut ditambahkan, melalui bagaimana lighting saat scene tersebut diambil, dan sebagainya. Pemilik channel ini, Tony Zhou, adalah seorang pembuat film dan editor freelance jadi kurang lebih dia paham mengenai teknik membuat film dan seluk-beluknya.

Video yang akan Borntonerd tampilkan disini adalah esai video mengenai Jackie Chan. Video ini adalah video kesukaan Borntonerd dan kebetulan adalah video dengan view paling banyak di channel ini. Dalam video ini, dijelaskan bagaimana trik seorang Jackie Chan dapat membuat banyak film aksi-komedi yang legendaris. Dalam video tersebut dibahas mengenai struktur/pola film Jackie Chan pada umumnya, teknik Jackie Chan dalam memotong sebuah adegan dibandingkan sutradara/editor Hollywood, dan lain sebagainya. Untuk lengkapnya, lebih baik kita langsung tonton saja videonya.

 

Binging with Babish

Kali ini kita akan bahas channel Binging with Babish yang notabene channel ber-genre masakan. Dalam channel ini, sang pemilik channel Oliver Babish, dalam tiap videonya akan mencoba mereka ulang makanan/resep yang muncul di film/tv series terkenal. Seaneh apapun resepnya, asalkan bahan-bahan dari resep tersebut dapat dimakan, tidak berbahaya, dan dapat ditemukan maka channel ini akan berusaha mengikuti resep tersebut semirip mungkin. Setelah mereka ulang resep tersebut, biasanya pemilik channel akan membuat versinya sendiri jika dia merasa versi awal dari resep tersebut memiliki rasa yang terlalu aneh.

Beberapa film/tv series yang pernah dimuat di channel ini diantaranya adalah: Ratatouille, Bob’s Burgers, Spongebob Squarepants (Krabby Patty!), Parks and Recreation, Inglorious Basterds, dan masih banyak lainnya. Untuk kesempatan kali ini Borntonerd akan menampilkan video yang mencoba mereka ulang resep ratatoulle dari film Ratatouille.

 

hickok45

Terakhir, channel yang akan direkomendasikan oleh Borntonerd adalah channel yang membahas tentang senjata api. Ya, hickok45 adalah channel yang didedikasikan khusus untuk membahas senjata api (pistol dan senapan) baik yang modern maupun senjata api yang sudah vintage. Dalam video-videonya, hickok45 biasanya membahas salah satu jenis pistol/senapan mulai dari sejarahnya, spesifikasinya, kelebihan dan kekurangan, keunikan dari senjata tersebut, dan tentunya hickok45 juga akan menembakkan senjata api tersebut di shooting range miliknya sekaligus menunjukkan kebolehan dia dalam menembak jarak jauh. Selain membahas jenis senjata api tertentu, hickok45 juga sesekali membahas hal-hal lain yang berkaitan dengan senjata api seperti tips membersihkan senapan, tips menembak dengan akurat, tips membeli senjata api, dll. Style video dari hickok45 ini tergolong sangat tradisional/konvensional dimana dalam videonya kita hanya akan melihat hickok45 berbicara dan menembakkan senjatanya, tidak ada efek khusus, tidak ada musik, dan tidak ada editing video yang berlebihan. Hal tersebut tentunya jadi keunikan tersendiri dari channel ini.

Sudah sangat banyak jenis senjata api yang dibahas oleh hickok45. Total video yang sudah dia upload saja mencapai 1.462 video. Jenis senjata api dengan view paling banyak di channel ini diantaranya adalah: 500 S&W Magnum, M16, 1860 Henry Rifle, dan Mosin Nagant. Kali ini Borntonerd akan menampilkan video hickok45 yang sedang membahas senapan favorit Borntonerd: M1 Garand!

Borntonerd rasa cukup tiga channel yang direkomendasikan untuk kesempatan kali ini. Jika respon dari artikel ini cukup baik, mungkin akan dibuat part 2-nya yang membahas channel-channel lainnya.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of