Opera Free VPN

Cara Membuka Situs yang Diblokir dari Smartphone Menggunakan Opera Free VPN2 min read

UPDATE: Aplikasi ini sekarang sudah ditarik dari Play Store dan App Store oleh pihak Opera, alternatif lain membuka situs yang diblokir dari smartphone silakan gunakan DNS Cloudflare 1.1.1.1.

Mungkin ada sebagian dari kita yang belum mengetahui apa itu VPN. Sederhananya, VPN atau virtual private network dapat diibaratkan sebagai sebuah terowongan yang menghubungkan dan mengamankan koneksi antara dua buah perangkat atau lebih. VPN biasanya digunakan oleh masyarakat umum untuk mengamankan koneksi mereka saat mereka menggunakan internet. Beberapa manfaat dari menggunakan VPN ini diantaranya:

  1. Dengan menggunakan VPN kita dapat merahasiakan lokasi dan IP address kita.
  2. Koneksi VPN yang baik umumnya terenkripsi dengan baik sehinga aman dari hacker dan aman dari pemantauan yang dilakukan ISP, pemerintah, atau pihak-pihak lain.
  3. Mengakses situs yang diblokir di negara tempat kita tinggal. Dengan menggunakan VPN kita tinggal mengubah lokasi koneksi kita ke negara lain sehingga kita bisa mengakses situs-situs yang diblokir di negara kita.
  4. Mengakses situs yang eksklusif hanya bisa dibuka di suatu negara. Beberapa konten layanan streaming video, film, atau serial TV hanya bisa dibuka jika anda tinggal di negara tertentu (misal: Amerika Serikat), dengan menggunakan VPN kita yang ada di Indonesia tetap bisa menonton konten tersebut hanya dengan tinggal menghubungkan koneksi kita ke server negara tersebut.

 

Pada kesempatan kali ini Borntonerd akan merekomendasikan salah satu penyedia layanan VPN untuk smartphone, yaitu Opera Free VPN (Android, iOS). Layanan VPN yang dikembangkan oleh Opera tersebut mulai dua minggu lalu memang dirilis untuk smartphone Android setelah pada bulan Mei terlebih dahulu tersedia untuk platform iOS. Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, Opera Free VPN ini adalah sebuah aplikasi gratis.

Lima pilihan server Opera Free VPN

Pengguna Opera Free VPN sendiri disediakan lima pilihan server VPN yang terletak di lima negara, yaitu: Singapura, Jerman, Belanda, Kanada, dan Amerika Serikat. Borntonerd yang sudah mencoba langsung menggunakan aplikasi ini dapat melaporkan bahwa aplikasi Opera Free VPN ini bekerja dengan sangat baik. Ketika Borntonerd terhubung dengan server VPN di Singapura, Borntonerd dapat mengakses situs-situs yang diblokir di Indonesia. Kemudian ketika terhubung dengan server Amerika Serikat, Borntonerd juga berhasil menonton konten-konten yang sebelumnya eksklusif bagi penduduk yang tinggal di Amerika Serikat.

Cara menggunakan Opera Free VPN ini juga sangat mudah. Pengguna tinggal membuka aplikasi Opera Free VPN dan menekan tombol “Connect”, setelah terhubung dengan server VPN, pengguna sudah bisa langsung browsing seperti biasa. Untuk memutuskan koneksi ke server VPN, pengguna tinggal menarik notification drawer, pilih notifikasi dari Opera Free VPN kemudian tekan tombol “Disconnect”.

Selain layanan VPN, aplikasi ini juga menawarkan dua fitur tambahan yaitu fitur Wi-fi Security Test dan Guardian. Fitur Wi-fi Security Test dapat digunakan untuk mengecek level keamanan dari koneksi wi-fi yang sedang kita gunakan sementara fitur Guardian, ketika kita gunakan, dapat melindungi kita dari ad trackers ketika kita sedang browsing.

BACA JUGA: Cara Mengoptimalkan Kecepatan Internet Wireless Menggunakan Wifi Analyzer

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

1 Comment on "Cara Membuka Situs yang Diblokir dari Smartphone Menggunakan Opera Free VPN2 min read"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] membuka situs yang diblokir oleh pemerintah menggunakan aplikasi di smartphone, yaitu menggunakan Opera VPN. Tapi sayangnya layanan Opera VPN sudah dihentikan sejak akhir bulan April tahun […]