gramedia-digital

Baca E-book Sepuasnya dengan Langganan Gramedia Digital2 min read

Borntonerd kali ini hadir membawa kabar gembira buat teman-teman yang hobi membaca, tapi tidak bisa maksimal menyalurkan hobinya karena kantong terlalu tipis untuk beli buku banyak-banyak. Kabar gembiranya adalah teman-teman sekarang bisa baca e-book sepuasnya lewat aplikasi Gramedia Digital (Android | iOS) di smartphone masing-masing.

Gramedia Digital adalah aplikasi yang menawarkan layanan berlangganan dimana penggunanya bisa membaca koleksi e-book yang dimiliki oleh Gramedia Digital sepuasnya selama pengguna masih aktif berlangganan. Layanan ini bisa dibilang serupa dengan layanan Kindle Unlimited milik Amazon, atau bisa dianalogikan seperti Netflix atau Spotify tapi untuk e-book.

Terdapat tiga jenis paket layanan premium yang ditawarkan oleh Gramedia Digital yang bisa dipilih oleh para penggunanya, yaitu:

  • Fiction Premium Package seharga Rp. 45.000/bulan
  • Kids Premium Packaga seharga Rp. 45.000/bulan
  • Full Premium Package seharga Rp. 89.000/bulan

Dalam Fiction Premium Package, pelanggan dapat membaca e-book ber-genre fiksi yang ada dalam koleksi Gramedia Digital sepuasnya mulai dari novel young adult hingga teenlit, baik karya penulis lokal maupun terjemahan asal luar negeri. Sementara untuk Kids Premium Package, seperti yang ditunjukkan oleh namanya adalah paket yang dikhususkan bagi pembaca yang inign membaca e-book yang ditujukan untuk anak-anak. Terakhir, pelanggan Full Premium Package dapat membaca (hampir) seluruh e-book, e-magazine, dan e-newspaper yang ada dalam koleksi Gramedia Digital.

gramedia-digital-1
Tiga jenis paket langganan premium dari Gramedia Digital

Bagi anda yang memang gemar membaca, berlangganan Gramedia Digital ini menurut Borntonerd memang worth it banget. Karena hanya dengan Rp. 89.000 per bulan kita sudah bisa membaca sepuasnya dari puluhan ribu buku, majalah, dan koran yang disediakan. Ketika kita tidak berlangganan di Gramedia Digital, jika pembaca ingin berlangganan Kompas setiap hari (Rp. 45.000/bulan), membaca majalah National Geographic Indonesia (Rp. 59.000/edisi), dan membaca novel The Hunger Games (Rp. 63.800); maka pembaca harus merogoh kocek Rp. 167.800 dalam bulan tersebut. Jika pembaca berlangganan Full Premium Package di Gramedia Digital, hanya cukup dengan Rp. 89.000 anda bisa membaca kesemuanya ditambah dengan buku, majalah, dan koran lainnya.

gramedia-digital-2
Contoh buku, majalah, dan koran yang bisa dibaca ketika berlangganan Gramedia Digital

Meskipun sudah dipuji-puji oleh Borntonerd dalam review kali ini, masih ada yang harus terus ditingkatkan lagi oleh Gramedia Digital, yaitu jumlah koleksi bukunya. Semakin banyak koleksi buku yang bisa dibaca dalam Gramedia Digital maka akan semakin menarik dan semakin worth it untuk berlangganan. Akan semakin dapat bersaing juga dengan layanan Kindle Unlimited milik Amazon.

Sebagai contoh, saat ini untuk manga atau komik yang tersedia dalam Gramedia Digital jumlahnya masih sedikit dan judul yang tersedia relatif judul-judul yang kurang dikenal atau kurang pasaran. Jika Gramedia Digital mau terus melengkapi lagi koleksinya, maka pelanggan dengan sendirinya akan bertambah. Tapi tentu saja Borntonerd sadar bahwa bisa saja pihak Gramedia Digital terhalang oleh faktor-faktor teknis seperti kesulitan untuk mengamankan hak distribusi dari judul-judul buku dan majalah asing. Tapi untuk permulaan, Borntonerd beranggapan bahwa Gramedia Digital ini merupakan sebuah inovasi yang patut diapresiasi.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of