iPhone 7

Apple Resmi Meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Ini Spesifikasinya4 min read

Kamis (8/9) dinihari waktu Indonesia atau Rabu (7/9) malam waktu AS, Apple secara resmi mengumumkan peluncuran dua perangkat terbarunya yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Peluncuran tersebut dilakukan di San Francisco langsung oleh CEO Apple, Tim Cook. Kali ini, Borntonerd akan melaporkan semua spesifikasi dan fitur terbaru dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tersebut dalam tulisan kali ini.

Tersedia dalam lima pilihan warna

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus kali ini akan tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu: jet black, black, silver, gold, dan rose gold (pink). Jet black merupakan pilihan warna baru yang tersedia hanya untuk perangkat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Warna jet black ini dideskripsikan lebih hitam dari pilihan warna hitam biasa. Dari aspek desain, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini tidak akan jauh berbeda dengan desain iPhone 6S yang dirilis tahun lalu.

Tersedia mulai dari ukuran 32 GB

Ya, iPhone 7 dan Iphone 7 Plus akan tersedia mulai dari ukuran penyimpanan 32 GB. Hal ini berarti ke depannya iPhone dengan ukuran 16 GB tidak akan lagi dijual oleh pihak Apple. Selain ukuran penyimpanan 32 GB, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus juga akan tersedia dalam ukuran 128 dan 256 GB.

Tidak memiliki tombol home konvensional

Taptic Engine tombol home iPhone 7
Tombol home, yang sudah menjadi salah satu ciri khas dari perangkat iPhone selama ini, akan mengalami perubahan besar pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Pada dua perangkat Apple terbaru tersebut, tombol home akan diganti dari tombol mekanikal seperti sebelumnya menjadi sebuah tombol home yang disertai dengan sebuah Taptic Engine yang sensitif terhadap tekanan. Jika biasanya tombol home iPhone bergerak ketika kita tekan, dengan adanya Taptic Engine tombol home pada iPhone 7 dan iPhone 7 plus akan bergetar ketika kita tekan. Taptic Engine ini nantinya juga akan bergetar ketika kita mendapatkan notifikasi. Getaran ini juga akan berbeda-beda tergantung jenis notifikasi yang kita terima.

Anti air dan anti debu

Dihilangkannya tombol home mekanikal pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus berarti bahwa dua perangakat terbaru tersebut bisa didesain menjadi anti-air (water resistant). Jadi nantinya pengguna iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak perlu khawatir lagi jika perangkat mereka kebasahan. Selain anti-air, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus juga didesain anti-debu (dust resistant).

Tidak memiliki jack headphone 3,5 mm

Ini adalah salah satu terobosan paling berani yang dilakukan pihak Apple dalam meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus: menghilangkan jack headphone 3,5 mm. Sebagai gantinya, headphone yang digunakan pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus akan dicolokkan ke jack lightning (charger). Tapi tenang, headphone dengan jack 3,5 mm anda akan tetap bisa dipakai kok. Apple menyediakan adapter 3,5 mm-ke-lightning yang akan disertakan dalam setiap paket pembelian iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Stereo sound

Alasan pihak Apple menghilangkan jack 3.5 mm adalah untuk memberikan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus suara stereo. Ya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hadir dengan dua buah speaker, yang menjadikan dua perangkat tersebut memiliki suara stereo. Speaker kedua ini diletakkan di tempat yang tadinya ditempati oleh jack headphone 3.5 mm.

Sistem dual camera baru

dual camera iPhone 7 Plus wide angle dan telephoto
Sistem dual camera yang Borntonerd maksud disini bukan sekedar dua buah kamera depan dan belakang, tapi satu lagi kamera tambahan yang hadir di belakang sebuah iPhone 7 Plus. Jadi nantinya sebuah iPhone 7 Plus akan disertai dua buah kamera belakang masing-masing 12 MP, oleh karena itu disebut dual camera, dan sebuah kamera depan 7 MP. Dua buah kamera belakang pada iPhone 7 Plus ini terdiri atas kamera wide angle dengan lensa 28 mm dan kamera telephoto dengan lensa 56 mm. Hadirnya sistem dual camera ini memungkinkan pengguna iPhone 7 Plus untuk mengambil gambar dengan 2x optical zoom tanpa berkurangnya kualitas gambar. Sementara itu, iPhone 7 edisi standar hanya akan dilengkapi sebuah kamera belakang 12 MP dan sebuah kamera depan 7 MP.

Prosesor lebih cepat dan baterai lebih awet

Prosesor quad-core A10 Fusion yang dipersenjatai pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus membuat dua buah perangkat tersebut semakin cepat dan semakin efisien. Kecepatan prosesor iPhone 7 diklaim oleh Apple 40% lebih cepat dari kecepatan prosesor A9 dalam iPhone 6S dan dua kali lebih cepat dari prosesor A8 dalam iPhone 6. Selain lebih cepat, prosesor A10 ini juga diklaim lebih efisien sehingga semakin menghemat penggunaan baterai. Diklaim oleh Apple bahwa umur baterai pada iPhone 7 akan bertambah hingga dua jam dan pada iPhone 7 Plus umur baterai akan bertambah satu jam.

Layar Retina HD

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus digembar-gemborkan sebagai iPhone dengan tampilan paling terang dan paling berwarna. Hal ini tidak terlepas dengan kehadiran layar Retina HD pada kedua perangkat tersebut. Selain paling terang dan paling berwarna, layar Retina HD ini juga mampu mendukung 3D touch, sehingga tampilan pada layar akan merespon setiap sentuhan yang dilakukan pengguna. Layar dari iPhone 7 sendiri berukuran 4,7″ dengan resolusi 1334 x 750 piksel sementara iPhone 7 Plus memiliki layar berukuran lebih besar yaitu 5,5″ dengan resolusi 1920 x 1080 piksel.

Hadir dengan iOS 10

Terakhir, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini juga akan dilengkapi dengan OS terbaru dari Apple, yaitu iOS 10. iOS 10 sendiri akan dirilis oleh Apple pada 13 September mendatang. Fitur-fitur baru yang hadir pada iOS 10 akan Borntonerd laporkan pada waktunya.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sendiri akan bisa dipesan pada 9 September ketika memasuki tahap pre-order, sementara secara fisik akan dirilis pada 16 September mendatang. Versi 32 GB dari iPhone 7 dibanderol oleh Apple dengan harga $689 sementara versi yang sama dari iPhone 7 Plus dihargai $769.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of