iPhone 7

Apple Mengambilalih Gelar Produsen Ponsel Terlaris dari Samsung1 min read

Apple menyalip Samsung sebagai produsen smartphone nomor satu di dunia pada kuarter ke-4 tahun 2016 kemarin. Hal ini berdasarkan data yang dirilis oleh Strategy Analytics, konsultan analis pasar, pada hari Selasa lalu.

Bertukarnya posisi Apple dan Samsung ini diperkirakan akibat Samsung yang kehilangan momentum setelah kasus terbakarnya Samsung Galaxy Note 7 yang dirilis tahun lalu sementara Apple justru mendapatkan momentum setelah sukses merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Pada periode Oktober hingga Desember 2016, Samsung hanya mampu 77,5 juta unit smartphone atau 17,7% dari total pasar. Angka tersebut merupakan penurunan dari periode yang sama pada tahun 2015 dimana Samsung berhasil menjual 81,3 juta unit smartphone atau 20,2% dari total pasar.

market share produsen smartphone

Di lain pihak, Apple berhasil menjual 78,3 juta unit smartphone pada kuarter ke-4 2016 atau 17,8% dari total pasar dan mengambilalih gelar Samsung sebagai produsen smartphone nomor satu di dunia. Namun demikian, Apple juga sebenarnya mengalami penurunan besaran year-over-year market share dari 18,6% pada Q4 2015 menjadi 17,8% pada Q4 2016.

Penurunan market share dari Apple dan Samsung ini dikarenakan meningkatnya performa pabrikan-pabrikan smartphone asal Tiongkok. Dalam laporan yang dirilis Strategy Analytics tersebut, posisi ke tiga sampai lima produsen smartphone dengan penjualan terbanyak ditempati oleh pabrikan asal Tiongkok, yakni berturut-turut: Huawei, OPPO, dan Vivo.

total penjualan produsen smartphone

Meskipun peringkat tiga pabrikan tersebut tidak berubah dari peringkat tahun 2015, total penjualan dan market share tiga pabrikan tersebut semuanya mengalami peningkatan. Peningkatan performa dari pabrikan-pabrikan Tiongkok tersebut dikarenakan mereka mampu menjual smartphone dengan kualitas yang tidak kalah dari Apple dan Samsung tapi dengan harga yang relatif lebih murah. Selain populer di negara asal mereka, smartphone-smartphone Tiongkok ini juga diterima baik oleh pasar di negara berkembang termasuk Indonesia.

Menarik untuk menyimak bagaimana strategi Apple dan Samsung mengatasi meningkatnya ancaman dari pabrikan-pabrikan Tiongkok tersebut pada tahun 2017 ini.

via Strategy Analytics via Korea Joongang Daily

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of