Aplikasi Facebook Boros Baterai, Gunakan Metal for Facebook Sebagai Alternatif2 min read

Sudah banyak pengamat teknologi yang menyarankan kita untuk menghapus aplikasi Facebook di smartphone kita. Alasannya adalah karena aplikasi Facebook, baik untuk Android maupun untuk iOS, banyak menghabiskan baterai, menggunakan banyak RAM, dan memakan banyak memori smartphone kita. Aplikasi Facebook juga menghabiskan banyak paket data setiap update aplikasi, terutama pada platform iOS. Tapi walaupun banyak disarankan untuk dihapus, banyak pengguna aplikasi Facebook yang enggan melakukannya karena mereka mengatakan masih membutuhkan aplikasi Facebook untuk mengakses Facebook ketika sedang tidak di depan komputer.

Tenang, bagi mereka yang ingin tetap dapat mengakses Facebook di smartphone tanpa menghabiskan banyak baterai, RAM, atau memori smartphone, Borntonerd punya solusinya. Untuk pengguna smartphone Android, Borntonerd merekomendasikan menggunakan Metal for Facebook & Twitter (Android) untuk mengakses Facebook dari smartphone.

Pada dasarnya Metal adalah sebuah web-wrapper, sehingga tampilan dari aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan tampilan versi web dari Facebook. Sehingga, ketika menggunakan Metal pengguna mendapatkan fungsionalitas yang kurang lebih sama ketika menggunakan versi web dari Facebook. Pengguna Metal dapat mengakses news feed seperti biasa, mengupdate status, mengomentari post milik teman, membuka profil, membuka grup Facebook, chat dengan teman, dan fungsionalitas lain yang biasa kita gunakan ketika menggunakan versi web dari Facebook.

Tampilan aplikasi Metal
Tampilan dari aplikasi Metal for Facebook & Twitter. Layar kiri adalah tab news feed, tengah adalah tab message/chat, dan kanan adalah tab more.

Metal hadir dengan fitur push-notification layaknya aplikasi Facebook, sehingga pengguna tidak perlu takut ketinggalan update notifikasi dari Facebook. Metal juga dilengkapi dengan fitur-fitur ekstra lainnya seperti pilihan untuk mengganti tema, proxy, Metal Bar untuk membuka Facebook lebih cepat dari notification bar Android, dan pilihan untuk memblok gambar untuk menghemat paket data. Sebagai bonus, Metal juga dapat digunakan untuk mengakses Twitter milik penggunanya sehingga penggunanya dapat mengelola dua media sosial sekaligus dalam satu aplikasi.

Sayangnya, untuk saat ini Metal hanya tersedia untuk platform Android sehingga pengguna iOS belum dapat menggunakannya. Tapi jangan khawatir, Borntonerd juga punya alternatif lain bagi pengguna iOS. Borntonerd merekomendasikan pengguna iOS untuk mengecek Friendly News Feed (iOS) atau Social Media Vault (iOS) sebagai alternatif.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of