net neutrality maze

Apa Itu Net Neutrality?3 min read

Net neutrality atau internet netral atau netralitas net adalah sebuah prinsip dimana perusahaan penyedia jasa internet (ISP) dan pemerintah sebagai regulator harus memperlakukan setiap data dengan perlakuan yang sama dan tidak memberikan perlakuan berbeda pada pengguna, konten, website, perangkat, aplikasi, atau mode komunikasi tertentu. Prinsip internet netral ini dilandaskan atas azas keadilan, kebebasan berekspresi, persaingan usaha secara sehat, dan perlindungan terhadap konsumen.

Dengan adanya internet netral, jika pengguna A berlangganan paket internet tertentu di ISP X maka ia harus diberikan kecepatan yang sama ketika ia membuka Google maupun ketika ia membuka situs Yahoo. Pengguna A juga tetap harus diberikan kecepatan yang sama baik ketika ia berselancar menggunakan Firefox, menggunakan Chrome, atau ketika ia sedang mengunduh file menggunakan layanan P2P seperti BitTorrent. Intinya, ISP tidak boleh dengan sengaja memperlambat kecepatan (throttling) yang diberikan kepada pengguna A ketika ia membuka konten atau situs tertentu atau ketika ia menggunakan perangkat atau aplikasi tertentu.

Tentunya konten-konten melanggar hukum seperti situs radikalisme, konten hate-speech, konten SARA, dan konten-konten yang dilarang oleh undang-undang lainnya dikecualikan dari internet netral ini.

Bagaimana jika internet tidak netral?

Jika internet tidak lagi netral, maka sebuah ISP bisa secara sepihak memperlambat kecepatan kepada pengguna tertentu atau ketika seorang pengguna mengakses konten atau situs tertentu. Misal ISP X merupakan bagian dari perusahaan yang lebih besar bernama Korporasi XYZ yang kebetulan juga memiliki situs belanja Y dan situs berita Z. Tanpa internet netral, ISP X ini bisa secara sepihak mengurangi kecepatan pengguna yang mencoba mengakses saingan dari situs belanja Y dan situs berita Z. ISP X juga bisa memblokir akses ke aplikasi C karena ISP X memiliki kerjasama dengan saingan aplikasi C yaitu aplikasi D.

Dalam kasus lain, sebuah ISP juga bisa “memeras” perusahaan penyedia konten streaming seperti Youtube atau Netflix untuk membayar sejumlah uang kepada mereka jika tidak ingin kecepatan internet pengguna yang mengakses situs mereka diperlambat. Bayangkan anda mempunyai telepon tapi anda hanya diperbolehkan menelepon ke nomor-nomor tertentu oleh provider anda! Atau ketika anda membeli baju tapi perusahaan baju tersebut melarang anda memakai baju tersebut pada hari-hari tertentu atau ketika anda pergi ke tempat tertentu! Seperti itulah internet tidak netral.

Siapa yang diuntungkan oleh internet netral?

Kita sebagai konsumen. Sebagai pengguna yang telah membayar untuk akses internet, tentunya kita punya hak untuk menggunakan akses internet tersebut sesuai kemauan kita. Jika kita ingin belanja di situs M maka ISP tidak boleh menghalangi akses ke situs tersebut hanya karena situs M tersebut adalah saingan dari situs Y yang mereka kelola. Demikian juga ketika ingin mengakses aplikasi C, ISP tidak boleh memblokir akses ke aplikasi C ini hanya karena mereka memiliki kerjasama dengan aplikasi saingannya.

Internet netral juga baik untuk perusahaan dot-com/penyedia konten berskala kecil (startups). Karena tanpa adanya internet netral, bisnis-bisnis kecil tersebut bisa dengan mudah “dimatikan” oleh perusahaan-perusahaan saingan berskala besar dengan cara memblokir/menghambat akses pengguna ke situs-situs tersebut.

Kalau internet netral baik untuk konsumen kenapa masih ada yang kontra?

Pihak yang kontra dengan adanya internet netral ini adalah ISP itu sendiri. Tentunya dengan adanya internet netral mereka tidak bisa mendapat uang lebih banyak dengan “memeras” situs penyedia konten atau dengan menjalin “kerjasama” dengan situs atau aplikasi tertentu yang menjamin pengguna untuk tidak mengunjungi situs atau aplikasi saingan.

Gambar: Aseem Trivadi (The Times of India)

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of