[ANDROID/IOS]Hearthstone: Satu-Satunya Game Trading Card DI Asian Games!2 min read

Banyak yang bertanya-tanya kenapa ada game ini di ASIAN GAMES dimana game-game esports lainnya sudah jauh sering terdengar dibandingkan game luncuran dari Blizzard Entertainment ini. Hearthstone sejatinya merupakan trading card game (layaknya Yu-Gi-Oh atau Pokemon) dengan lebih dari 10 juta kali unduhan dan merupakan trading card game yang paling banyak dimainkan di smartphone.

Dan juga, pasar dari game ini sangatlah besar di luar Indonesia utamanya di Eropa dimana game diluncurkan di tahun 2013 ini terus mendapat update besar-besaran karena peminatnya yang terus bertambah. Nah, selain karena pasarnya yang sudah sangat besar di luar Indonesia, berikut adalah beberapa alasan kenapa Hearthstone menjadi perhatian dunia dan layak menjadi esports yang dimainkan dalam skala global:

 

  1. Gameplay yang Pake Otak 100%

Ini tentunya yang menyebabkan kenapa Hearthstone tidak dapat berkembang hebat di Indonesia dimana game ini memang penuh dengan taktik dan strategi. Tentunya anak-anak yang menjadi pengguna terbesar smartphone akan bingung untuk memainkan game yang ga hanya “hajar dan pukul” saja. Oleh karena itu mayoritas pemain dari Hearthstone adalah tingkat kuliahan hingga level kerja dimana taktik&strategi menjadi salah satu daya tarik dari sebuah game.

  1. Tingkat Grafik Terbaik di Game Berbasis Kartu

Inilah sebenernya yang menjadi pembeda Hearthstone dengan game yang juga berbasis taktik&strategi lainnya dimana grafik yang ditawarkan “niat banget” dan setiap kartu memiliki animasi sendiri ketika digunakan. Lupakan animasi Yu-Gi-Oh yang lebih ke arah anime, Hearthstone menyediakan grafik layaknya game PC yang dijamin bakal memanjakan mata pemainnya. Jadi, gamers ga akan bosen dengan taktik&strategi di Hearthstone!

 

  1. Expansion yang Konsisten dan Konten yang Menarik

Salah satu cara untuk melihat apakah suatu game itu sukses atau tidak adalah dilihat dari update-updatenya apakah sering atau setahun sekali? Hearthstone merupakan game yang mendapat perhatian lebih oleh Blizzard Entertainment karena game ini merupakan satu-satunya game yang menjadi perwakilan developer game terbesar di US ini di android ataupun ios. Oleh karena itu expansion dari game ini sangat menarik dan kreatif dimana setiap expansion memberikan beragam kartu dengan satu tema. Ini tentunya juga menjadi “obat kejenuhan” dari existing players agar dapat terus menikmati Heartstone ini.

 

Jadi, ketiga alasan tersebut cukup untuk membuat Hearthstone menjadi game berbasis kartu terbesar di smartphone akan tetapi sedikit sulit untuk memasuki pasar Indonesia yang lebih prefer game yang full action dan ga perlu mikir terlalu keras. Karena game ini sudah masuk ke level ASIAN GAMES tentunya borntonerd memberikan rating 9/10 dimana sisa 1 nya adalah pasar Indonesia yang masih menjadi PR dari Hearthstone.

Ryan Adiputra Author

Fellow writer in borntonerd.com mostly about games.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of