(ANDROID/IOS) Fate/Grand Order : Guide Pemula part 1 – Karakter Servant, Gacha dan Ascension3 min read

Buat kamu yang baru mencoba Fate/Grand Order mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara bermain game ini. Ada beberapa tips dari Borntonerd untuk permainan ini.

Tips 1 : Reroll gacha untuk Karakter langka pertama

Setelah menyelesaikan intro, kamu akan diberi 10 kali kesempatan gacha untuk mendapatkan karakter langka. Gacha pertama ini sudah pasti akan mendapat minimal satu karakter bintang 4. Mereka adalah Siegfried (sulit), Le Chevalier D’Eon (biasa), EMIYA(bagus), Elizabeth Bathory(bagus), Marie Antoinette (biasa), Saint Martha (biasa), Carmilla (bagus), Stheno (sulit), Hercules (best) dan Tamamo Cat (bagus). Ini rating untuk pemula berdasarkan kegampangan skill dan Noble phantasm untuk dipakai.

Karakter terbaik bintang 4 untuk pemula adalah Herkules (Berserker). Kalau kamu mendapat karakter yang kurang ideal, sebaiknya melakukan re roll, yaitu menghapus game app, install ulang dan mengerjakan intro berulang kali sampai mendapat karakter yang kamu inginkan.

Tips 2 Gacha Quartz dan Gacha Friend point

Fate/Grand Order memiliki 2 gacha, Friend point gacha dan Quartz. Friend point didapatkan dari log in bonus, bertempur menggunakan karakter teman, dan dari event. Gacha friend point hanya menghasilkan karakter dan Craft essence dari bintang 1-3. Untuk karakter langka bintang 3-5 harus menggunakan gacha Quartz. Gacha ini cukup sadis karena hanya ada peluang 1% untuk bintang 5 dan 4% untuk karakter bintang 4. Quartz bisa didapat dari log in bonus, quest mingguan dan missi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan tiket gacha untuk menarik karakter ini.

Tips 2 : Karakter kelas

Fate/Grand Order memiliki 7 kelas utama dan 7 kelas extra. Kelas utama adalah Saber, Lancer, Archer, Rider, Assassin, Caster, dan Berserker. Kelas extra termasuk Shielder, Ruler, Avenger, Moon Cancer, Alter Ego, Beast dan Foreigner. Berikut attribut mereka:

  • Saber kuat lawan Lancer tetapi lemah terhadap Archer.
  • Lancer kuat lawan Archer tetapi lemah terhadap Saber.
  • Archer kuat lawan Saber tetapi lemah terhadap Lancer.
  • Rider kuat lawan Caster tetapi lemah terhadap Assassin.
  • Caster kuat lawan Assassin tetapi lemah terhadap Rider.
  • Assassin kuat lawan Rider tetapi lemah terhadap Caster.
  • Berserker kuat lawan semua kelas kecuali Shielder dan Foreigner tetapi kena extra damage dari semua kelas kecuali Shielder
  • Shielder tidak mendapat extra damage atau kuat terhadap kelas lain
  • Ruler kuat lawan Moon Cancer dan hanya kena setengah damage dari semua kelas kecuali Berserker dan Avenger
  • Avenger kuat lawan Ruler tetapi lemah pada Moon Cancer.
  • Moon Cancer kuat lawan Avenger tetapi lemah lawan Ruler
  • Alter Ego kuat lawan Rider, Assassin, Caster dan Foreigner tetapi lemah Saber, Lancer, Archer
  • Foreigner kuat lawan Berserker tetapi lemah lawan Alter Ego dan sesama Foreigner
  • Beast hanya ada pada boss musuh dan memiliki kekuatan berbeda-beda

Tips 3 : Farming exp. card dan ascension item.

Setelah kamu mendapat karakter yang kamu suka, sebaiknya melakukan leveling untuk membantu menyelesaikan misi. Leveling dilakukan dengan menyerap exp.card dan kartu karakter lain. Cara mendapatkan exp card dan Ascension item adalah menyelesaikan daily mission.  Exp car juga memiliki kelas utama seperti Saber, Archer, dan lain-lain. Karakter dengan kelas yang sama akan mendapat extra 10% experience dari Exp Card. Setelah mencapai level maksimum, kamu harus melakukan karakter ascension yang membutuhkan item spesial dari daily mission. Ascension Item juga bisa dibeli saat event shop. Level tertinggi untuk bintang 1 adalah 60, bintang 2 adalah 65, bintang 3 adalah 70, bintang 4 adalah 80 dan bintang lima adalah level 90.

Ryan Adiputra Author

Fellow writer in borntonerd.com mostly about games.

Leave a Reply

3 Comments on "(ANDROID/IOS) Fate/Grand Order : Guide Pemula part 1 – Karakter Servant, Gacha dan Ascension3 min read"

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
idmarimo
Guest

nasib gak bis bahasa jepang,, maen musti cari sana sini guide nya.. :v

Cara Menyimpan Data Game Fate Grand Order

Huda
Guest

Mantap bang

Huda
Guest

Keren bang