7 Ekstensi Chrome Yang Dapat Merubah Pengalaman Internetmu3 min read

Ekstensi Chrome sebenarnya adalah tombol ajaib ketika kamu berselancar di dunia internet. Apakah kamu ingin berdebat pakai Bahasa Inggris di internet tapi kurang pede atau keasyikan berselancar sampai 40 tab secara tidak sadar terbuka, berikut adalah ekstensi yang dapat merubah pengalaman internetmu.

  1. OneTab
    Mengatur tab yang dibuka secara mudah.

Jika kamu adalah pemakai internet secara reguler, pasti kamu punya pengalaman buka tab banyak tanpa disadari. Biasanya kita baru sadar ketika kita mulai merasakan adanya gejala melambat seperti kursor mouse bergerak patah-patah atau lag. Ekstensi OneTab dapat membantu kita menyelamatkan sampai 95% memori yang terpakai, mempercepat komputer dengan cara mereduksi beban dari CPU, dan mengeliminasi kekacauan tab akibat kebanyakan buka tab dalam satu klik.

2. Nimbus Screenshot and Screencast
Mengambil screenshot dan merekam video lewat browsermu

Nimbus sangat berguna bagi kamu yang sering mengambil screenshot dari situs langsung untuk dibagikan di temanmu atau untuk dilihat nanti. Hasil screenshot-nya bahkan bisa diedit dan ditambah catatan, stiker, tanda panah, dll. Aplikasi ini juga berguna bagi kamu yang sering nonton video seperti youtube, sehingga bisa disimpan dulu untuk ditonton nantinya atau dibagikan ke temanmu. Ekstensi ini juga didukung kompabilitas ke Google Drive sebagai sarana penyimpanan atau ke Slack untuk dibagikan ke teman bisnismu.

3. Smart Tab Mute
Memastikan bahwa hanya satu tab yang bersuara pada satu waktu

Kadang kamu membuka tab berisi website yang menyetel videonya secara otomatis secara serentak, entah itu video iklan atau lainnya, dan kamu kesulitan mencari tab yang bersuara tersebut karena saking banyaknya tab yang kamu buka. Disinilah Smart Tab Mute berfungsi, yang hanya mengizinkan satu tab saja untuk mengeluarkan suara sementara tab lainnya akan dimatikan suaranya.

4. Giphy Tab
GIF aneh muncul ketika kamu buka tab baru

Beberapa ekstensi memiliki fungsi khusus yang membantu, beberapa juga dibuat hanya untuk membuat kamu tersenyum. Giphy Tab adalah salah satunya. Setiap kali kamu membuka tab baru, akan muncul tiba-tiba gambar GIF lucu di welcome screen-mu. Sangat menghibur, tapi kami sarankan gunakan ini pada komputer pribadi.

5. Grammarly for Chrome
Membetulkan struktur tulisan bahasa inggrismu sehingga jadi pede

Sebagian besar isi internet memiliki Bahasa Inggris sebagai bahasa penyampaian, dan kamu berada di posisi dimana kamu ingin sekedar mengucapkan terima kasih kepada seseorang pengunggah video di youtube atau ingin bertanya lebih dalam tentang diskusi review handphone incaranmu di forum internasional online, kamu butuh percaya diri yang tinggi dalam menuliskan pemikiranmu. Grammarly adalah ekstensi yang akan mengecek tulisan inggrismu dengan 250 lebih aturan grammar, melihat adakah salah ketik, tata cara bahasa inggris, dan lain lain.

6. Marmoset
Untuk para pejuang coding

Ini adalah ekstensi yang keren bagi para programmer. Kamu bisa ambil gambar lewat ekstensi ini, dan terdapat beberapa pilihan untuk merubah tema warna dan gaya dari tulisan kode yang terpilih. Ekstensi ini berguna bagi programmer yang ingin menyingkirkan masa jenuhnya.

7. PanicButton
Sembunyikan tab-mu dan kembalikan lagi nanti

Pada beberapa kasus, kamu pasti panik untuk menyembunyikan tab yang dibuka ketika tiba-tiba seseorang mendatangimu (Misal ketika kamu cowok sedang browsing toko online boneka, atau *tidak sengaja* sedang membuka tab ***********&^@$@!!), tentunya kamu ga mau ketahuan kan. PanicButton adalah ekstensi yang membuatmu sangat mudah untuk menyembunyikan semua tabmu dalam satu tombol. Hanya tekan F4, dan semua tab-mu tersembunyi di bookmark dalam folder terpisah. Lampu PanicButton akan menjadi hijau dan menunjukkan kepadamu berapa tab yang disembunyikan. Tekan F4 lagi, dan semua tab akan kembali terbuka.

Aditya Setiabudi Author

Once upon a time, I was a student. Now, I am an author of this website. I write about arts, culture, music, and technology reviews.