Logo baru Yahoo

500 Juta Data Akun Yahoo Dibobol Hacker, Apa Akun Anda Termasuk?3 min read

Yahoo baru saja mengonfirmasi bahwa data milik 500 juta akun yang terdaftar di situs mereka telah diretas pada tahun 2014 lalu. Informasi yang berhasil dibobol oleh peretas tersebut diantaranya adalah: nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, password yang terenkripsi, dan pertanyaan keamanan baik yang terenkripsi maupun tidak.

Ditambahkan juga bahwa password yang tidak terenkripsi, informasi kartu kredit, dan informasi nomor rekening tidak termasuk dalam bagian data yang diretas. Hal ini dikarenakan informasi kartu kredit dan nomor rekening pengguna Yahoo disimpan di tempat terpisah dan tidak terkena imbas serangan oleh peretas tersebut.

Pihak Yahoo meyakini bahwa serangan oleh peretas ini merupakan serangan yang disponsori oleh negara tertentu. Yahoo tidak memberi keterangan lebih lanjut mengenai negara yang dimaksud. Diyakini sekarang FBI sedang menyelediki kasus peretasan ini.

Peretasan yang dialami Yahoo ini juga meninggalkan beberapa pertanyaan. Diantaranya adalah mengapa peretasan yang terjadi pada tahun 2014 ini baru diberitahukan sekarang kepada pengguna setelah jurnalis terlebih dahulu mengindikasi adanya peretasan tersebut? Kenapa pihak Verizon, yang belum lama ini mengakuisisi Yahoo, tidak diberitahu mengenai adanya peretasan ini sebelum terjadinya proses akuisisi? Apa benar klaim dari pihak Yahoo yang menyatakan bahwa peretasan ini disponsori oleh negara tertentu?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya akan ditanyakan oleh publik, media, dan pihak berwajib kepada Yahoo, yang dalam kasus ini dianggap membahayakan kemanan penggunanya dengan menunda memberitahukan adanya peretasan tersebut selama kurang lebih dua tahun.

Kasus peretasan terhadap Yahoo ini sekarang menjadi kasus peretasan terbesar yang pernah terjadi, dengan angka 500 juta akun yang terdampak. Sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh kasus peretasan yang dialami oleh MySpace dengan jumlah akun terdampak mencapai angka 359 juta.

Apa akun saya juga termasuk dalam akun yang diretas?

Yahoo mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan email kepada akun-akun yang diyakini termasuk dalam 500 juta akun yang informasinya berhasil dibobol. Email tersebut berisi pemberitahuan dari Yahoo mengenai peretasan yang mereka alami dan petunjuk mengenai hal yang harus dilakukan pengguna untuk menanggapi serangan tersebut. Jika anda menerima email tersebut dari Yahoo maka bisa dipastikan bahwa anda termasuk dalam akun yang datanya telah dibobol.

Akun saya dibobol, apa yang harus saya lakukan?

Borntonerd menyarankan bagi anda yang menerima email pemberitahuan dari Yahoo ataupun pengguna Yahoo yang belum mengganti password mereka sejak 2014 untuk melakukan langkah-langkah ini:

  1. Ganti password dan pertanyaan keamanan untuk akun Yahoo anda.
  2. Nyalakan two-step verification yang disediakan oleh pihak Yahoo.
  3. Ganti juga password akun-akun lain yang memiliki password sama dengan password Yahoo anda sebelumnya.
  4. Tetap waspada terhadap email-email mencurigakan yang masuk. Jangan klik link-link yang ada dalam email tersebut.
Tips mengamankan akun-akun di internet oleh Borntonerd

Borntonerd menyarankan pembaca untuk mengikuti tips-tips dibawah ini untuk menjamin keamanan akun-akun anda di internet:

  1. Gunakan password yang aman dan berbeda untuk tiap-tiap akun, terutama akun-akun yang penting seperti email, akun yang memiliki informasi kartu kredit, dan akun internet banking. Jangan pernah gunakan password generik seperti 123456, password, atau tanggal lahir anda.
  2. Ganti password dan pertanyaan kemanan secara berkala. Sempatkan waktu anda untuk mengganti password akun-akun milik anda secara berkala minimal 6 bulan sekali.
  3. Selalu gunakan two-step verification jika tersedia. Hal ini mencegah peretas masuk ke dalam akun anda walaupun dia berhasil mengetahui password dari akun tersebut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin kemanan akun-akun anda akan lebih terjaga.

Yahoo via BBC

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of