5 Film Hitam Putih Jadul Yang Wajib Kamu Nonton!3 min read

Ga heran kalo film-film jaman sekarang begitu memanjakan mata para penikmatnya dengan animasi mengagumkan menggunakan CGI ataupun dengan scene-scene yang menggunakan berbagai teknologi agar semakin mendekati kondisi sebenarnya. Konsekuensi dari kemajuan teknologi ini tentunya membuat film di layar bioskop semakin menyenangkan untuk dinikmati.

Akan tetapi, menitik beratkan pada penggunaan teknologi dan animasi canggih terkadang membuat plot cerita tidak begitu diperhatikan dimana plot cerita lah yang menjadi kekuatan dari film-film jadul yang masih berwarna hitam putih. Dibawah ini borntonerd merekemondasikan 5 film jadul hitam putih yang memiliki plot cerita yang akan membuat kamu berpikir kalau teknologi dan animasi bukanlah segalanya. Enjoy!

1.12 ANGRY MEN

Yap, ini merupakan salah satu film jadul yang dirilis tahun 1957 yang masih berwarna hitam putih. Film ini dibintangi oleh rombongan bintang film terkenal (dijamannya) yang bertemakan tentang perdebatan. Uniknya, film ini hanya menggunakan satu set ruangan dimana 12 orang dari latar belakang berbeda akan saling berdebat untuk menentukan apakah anak kecil yang menjadi terdakwa beneran bersalah apa tidak.

Plot cerita yang dirangkai dengan pintar dan pembangunan karakter yang tidak main-main dari ke-12 karakter. Berbagai emosi, konflik, dan sifat manusia akan terkuak hanya di satu ruangan kecil yang berisikan 12 orang. Sungguh mengagumkan, yes??

2. THE GRAPES OF WRATH

Film ini diluncurkan pada tahun 1940 yang bertemakan warga Amerika yang ingin mencari pekerjaan setelah lahannya digusur. Film ini dibintangi oleh aktor yang sama di film 12 Angry Men which is Henry Fonda dimana disini ia memainkan peran sebagai salah satu rombongan yang ingin mencari kerja di California setelah lahan orang tuannya digusur.

Film jadul ini menyuguhkan gambaran yang begitu nyata tentang sulitnya hidup di tanah sendiri di Amerika sekalipun. Juga, film ini menunjukkan perjalanan dari rombongan pencari kerja dengan karakter yang berbeda dari tanah mereka yang digusur di Oklahoma menuju California. A really good stuff!

3. RASHOMON

Rashomon adalah salah satu film yang bisa dikategorikan sebagai legend karena plot cerita yang sangat menarik untuk dicermati. Seperti layaknya dua film yang kita bahas sebelumnya, film ini minim akan animasi ataupun action yang bikin jantung berdegup kencang.

Akan tetapi, pembangunan cerita dari awal film sangatlah jenius yang akan membuat seluruh penonton menebak-nebak apa yang terjadi di scene berikutnya. Di akhir film (spoiler alert!!) sebenarnya film ini ingin mengajarkan tentang kita nilai kehidupan yang tersirat di film yang dibintangi oleh aktor kenamaan Jepang, Toshiro Mifune.

4. SCHINDLER’S LIST

Berbeda dengan tiga film lainnya yang memang pada saat dirilis hanya terdapat teknologi hitam putih, Schindler’s list dirilis pada tahun 1999 dimana pembuatan filmnya memang sengaja menggunakan hitam putih untuk menguatkan suasana jaman dahulu.

Film ini berceritakan tentang Oskar Schindler yang diperankan oleh Liam Neeson yang merupakan orang kaya Jerman pada zaman pemerintahan Nazi. Di film ini kita akan melihat bagaimana perjuangan Schindler yang secara diam diam menyelematkan kaum Yahudi yang akan dibunuh oleh Nazi. A movie that will keep you awake for sure!

5. PSYCHO

Jika kamu mau tau film apa yang menjadi salah satu panutan terbesar penggarap film-film horror masa kini, kamu wajib banget nonton Psycho! Yes, film yang dirilis tahun 60an ini merupakan perintis film horror dengan plot cerita yang tidak bisa ditebak-tebak. Masih dengan teknologi hitam putih dan teknologi grafis yang seadanya, plot cerita dari film Psycho tentunya membuat film ini worth banget untuk dinikmati.

Ryan Adiputra Author

Fellow writer in borntonerd.com mostly about games.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of