4 Fitur Terbaru yang Hadir di MIUI 82 min read

Setelah dirilisnya update MIUI 8 gelombang pertama untuk 15 perangkat Xiaomi pada hari Selasa lalu, kali ini Borntonerd akan mengulas fitur-fitur terbaru yang disematkan pada UI teranyar dari Xiaomi tersebut. Perbedaan dari MIUI 8 ini yang pertama kali dapat diamati adalah adanya perbedaan secara visual dan desain, terutama pada notification drawer. Selain notification drawer, aplikasi-aplikasi lain bawaan dari Xiaomi juga terlihat lebih berwarna-warni setelah update MIUI 8. Selain perubahan visual dan desain, tentunya MIUI 8 ini juga dipersenjatai dengan fitur tambahan yang baru dimasukkan pada update kali ini, fitur-fitur terbaru tersebut diantaranya adalah:

Scrolling Screenshot

Scrolling Screenshot MIUI 8Fitur Scrolling Screenshot ini memungkinkan anda untuk mengambil screenshot satu halaman yang panjang secara utuh tanpa terpotong-potong. Jika diperlukan, setelah mengambil screenshot tersebut, anda bisa memotong lagi hasil screenshot tersebut.

Dual Apps

Dual Apps MIUI 8Dual Apps adalah fitur terbaru dari MIUI 8 yang memungkinkan anda memiliki dua akun untuk tiap aplikasi yang anda punya. Bahkan dengan fitur Dual Apps ini anda bisa memiliki dua akun Whatsapp, masing-masing satu untuk kartu SIM yang anda punya. Tentunya fitur Dual Apps untuk Whatsapp – dan aplikasi lain yang membutuhkan nomor telepon untuk registrasi – hanya berlaku pada perangkat yang memiliki spesifikasi dual SIM.

Second Space

Second Space MIUI 8Dengan fitur Second Space ini, anda seolah-olah memiliki dua handphone dalam satu perangkat. Karena dengan Second Space ini anda bisa memiliki dua workspace dengan masing-masing aplikasi yang berbeda, wallpaper dan kustomisasi berbeda, bahkan isi galeri yang berbeda, layaknya dua handphone berbeda dalam satu perangkat. Anda juga bisa memasang password sebelum anda bisa berganti dari satu workspace ke workspace yang lain. Fitur Second Space ini berguna untuk handphone yang dipakai bersamaan oleh dua orang atau untuk anda yang ingin handphone-nya memiliki feel berbeda ketika sedang bekerja dan ketika sedang bersantai di rumah.

Caller ID

Caller ID MIUI 8Fitur Caller ID ini akan menampilkan informasi kontak dari nomor yang menelepon anda bahkan ketika nomor tersebut tidak ada dalam kontak anda. Tentunya tidak semua nomor tidak dikenal dapat ditampilkan informasi kontaknya, hanya nomor-nomor tertentu seperti nomor telepon sebuah perusahaan/bisnis atau nomor telepon yang ditandai oleh pengguna lain sebagai nomor penipu (scammers). Fitur Caller ID ini juga bekerja ketika anda menerima SMS, jadi jika anda menerima SMS dari sebuah perusahaan maka yang ditampilkan adalah nama perusahaan/merk tersebut bukan nomor teleponnya.

Lutfi Hanafi Author

Author for borntonerd.com. Mainly writes reviews and news about apps, software, tech, movies, and TV series. Also writes about football and other stuffs at his personal blog.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of